Lihat ke Halaman Asli

Mengenai Teks Anekdot

Diperbarui: 19 Mei 2023   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gus Dur merupakan orang yang sudah dikenal di kalangan umum oleh orang-orang di Indonesia. Gus Dur ini menjadi pemimpin di negara Indonesia yang ke-4. Seringkali Gus Dur berpidato dengan kemasan yang menarik dan lucu. Kritikan dengan humor yang dilakukan Gus Dur merupakan hal yang sangatlah menarik. Singkatnya, sebuah kritikan dikemas dengan kata-kata yang sederhana dan lucu. Untuk mengerti sebuah kritikan dengan kata-kata sederhana adalah suatu yang menarik bagi banyak orang. Dengan cara ini, Gus Dur menjadi pemimpin yang unik yang dapat menyampaikan pesan-pesannya dengan cara yang menarik.

Banyak sekali pandangan akan teks anekdot. Namun menurut saya pribadi, teks anekdot adalah teks yang menghibur, tetapi juga sekaligus sebagai sarana untuk mengkritik. Singkatnya, teks ini adalah teks yang lucu tapi juga mengesankan. Teks ini pun memiliki makna-makna tersirat untuk menyindir atau mengkritik suatu hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari seperti masyrakat, sosial, pemerintah, dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh lain dari teks anekdot ini adalah teks mengenai Justin dan Harry. 

Justin dan Harry sedang mengikuti perkemahan musim semi. Di tengah malam, Justin terbangun dan membangunkan Harry.

"Tenang...Harry...lihat ke langit dan katakan padaku apa yang kau lihat."

"Aku bisa melihat sejuta bintang, Justin," kata Harry.

"Apa kesimpulannya? Harry?" Harry berpikir sejenak.

Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Astrologi memberi tahu kita bahwa Saturnus ada di Leo. Dari situ kami menyimpulkan bahwa waktunya sudah mendekati jam 3:30 pagi, tetapi dari meteorologi kami pikir besok akan menjadi hari yang baik. Dia bertanya.

"Harry, seseorang mencuri tenda!" kata Justin, menepuk bahu Harry.

Ketika mereka menyadari bahwa tenda mereka telah dicuri, mereka panik dan mencarinya kemana-mana. Jadi ceritanya berakhir.

Menurut saya pribadi, teks ini adalah sesuatu yang sangat menarik. Kelucuannya menjadi salah satu hal yang tidak tertebak apa yang akan terjadi. Namun, hal ini justru menjadi aspek yang membuat teks anekdot ini menonjol. Maka dari itu, saya merasa sangat senang membaca teks anekdot ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline