Lihat ke Halaman Asli

Program Kerja KKN Menarik! Gerakan Belajar Asyik! Mudah dan Murah!

Diperbarui: 21 Agustus 2023   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Pada awalnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) lahir dari kesadaran mahasiswa / mahasiswi akan peran mereka guna pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Sebagai calon sarjana diharapkan untuk dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan dengan cara mengimplementasikan teori yang telah didapatkan dan bekerja nyata di lapangan bersinggungan langsung bersama masyarakat. Praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini telah lama dilaksanakan bahkan sejak tahun 1972. Siklus praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berulang menyebabkan banyaknya mahasiswa memiliki kebingungan tersendiri dalam berinovasi sebagai upaya guna pembangunan bangsa dan negara. Hingga pada akhirnya mahasiswa / mahasiswi KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 111 Padukuhan Gumbeng mencetuskan program kerja yang sangat menarik dan diminati para audiens nya. 

Bernama "Gerakan Belajar Asyik" program kerja ini menjadi salah satu inovasi program kerja yang menarik dan tidak membosankan. Pasalnya program kerja yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali tersebut memiliki audiens yang selalu bertambah di tiap Minggunya. Program kerja "Gerakan Belajar Asyik" ini ditujukan untuk anak-anak Padukuhan Gumbeng dengan rentan usia 7-12 tahun. 

Membahas program "Gerakan Belajar Asyik" ini merupakan salah satu program kerja yang berisi pembuatan karya seni dengan konsep berbeda tiap Minggunya. Mahasiswa / mahasiswi KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 111 Padukuhan Gumbeng membagi beberapa pembuatan karya seni menjadi empat konsep yang berbeda. 

Minggu pertama "Gerakan Belajar Asyik" dengan melakukan pembuatan kreasi bubur kertas yang hanya membutuhkan bahan berupa kertas bekas, lem, dan air hangat. Kemudian Minggu kedua diisi dengan pembuatan membatik dengan kain mori dan pewarna tekstil yang telah dicairkan. Selanjutnya pada Minggu ketiga praktik pengecapan tote bag yang di cap dengan teknik eco print, di mana tote bag diberikan alas plastik kemudian di atasnya ditumbuk daun mengikuti pola bentuk daun. Minggu terakhir sebelum pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adik-adik di ajak membuat es puter dengan teknik sederhana yakni penggunaan toples besi yang diisi susu kemudian di taruh di dalam baskom yang sudah diberi es batu dan garam lalu diputar hingga menjadi es. 

Mungkin berikut referensi program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menarik dan tentunya tidak membuat kantong jebol. Terbitnya artikel ini menjadi salah satu publikasi terkait program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa / mahasiswi KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 111 Padukuhan Gumbeng, Giripurwo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Ingin melihat foto publikasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) lainnya? 

Yuk mampir di sosial media kita : 

Instagram : @Ceritadigumbeng

TikTok : @Ceritadigumbeng 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline