Lihat ke Halaman Asli

Farrel Abhistanada

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945

Pelaksanaan Magang Mahasiswa UNTAG Surabaya di FRANKCLEAN Metropolis, Usaha Cuci Sepatu Kekinian dengan Konsep Premium!

Diperbarui: 6 Desember 2022   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Salah satu syarat dalam menyelesaikan Program Strata Satu (S1) ialah dengan melaksanakan kegiatan magang. Kegiatan magang ini diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dalam Progam Studi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Selain menjadi syarat kelulusan, kegiatan magang menjadi salah satu proses penerapan teori yang didapatkan selama perkuliahan kedalam dunia kerja selain itu mendapat pengalaman dan wawasan baru tentang dunia usaha cuci sepatu dan tas yang tengah marak di kalangan anak muda sekarang.

FRANKCLEAN Metropolis beralamat di Ruko Apartemen Metropolis, Jl. Raya Tenggilis no. 127, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya. FRANKCLEAN Metropolis merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa cuci tas dan sepatu. FRANKCLEAN Metropolis ini sudah berdiri sejak awal 2021. Usaha ini mencuci barang berupa sepatu, tas, topi, koper, bahkan jaket kulit. Usaha ini berkembang pesat meskipun sempat mengahadapi pandemi di 2021. Anak muda yang kini gemar mengoleksi sepatu branded tentu sangat membutuhkan jasa cuci sepatu seperti ini.

Dokpri

Namun kebiasaan itu mulai bergeser, kini tak hanya muda mudi saja yang menjadi pelanggan setia jasa cuci sepatu semacam ini, mulai dari anak - anak hingga lanjut usia bahkan kini menjadi pelanggan tetap jasa usaha cuci sepatu ini. Hanya dengan membayar 35ribu per sepatunya, sepatu customer sudah kembali bersih dan wangi seperti baru.

Dokpri

Penulis merupakan salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, saya Muhammad Farrel Abhistanada yang melakukan kegiatan magang di FRANKCLEAN Metropolis selama 50 hari, yang dimana pelaksanaan kegiatan Magang ini dimulai pada tanggal 1 September sampai tanggal 20 Oktober 2022.

Penulis Magang melaksanakan kegiatan ini di bagian Manajemen dan Produksi, yang dimana memiliki memiliki tugas diantaranya yaitu melakukan penerimaan cucian, proses pencucian, proses pengeringan, sampai item tersebut kembali ke tangan customer. Selanjutnya di bagian Manajemen, penulis melakukan rekapitulasi penjualan, rekapitulasi perbelanjaan, membuat jadwal pegawai, sampai pembuatan slip gaji.

Dokpri

Teori Pendukung Kegiatan Magang yaitu :

  • Kepuasan Pelanggan Menurut Park (dalam Hasan, 2009: 57) kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan konsumen sebagai respon terhadap produk barang atau jasa yang telah dikonsumsi.
  • Menurut Kotler definisi pelayanan adalah setiap tindakan ataukegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain,yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkankepemilikan apapun.
  • Menurut Tjiptono (2001 : 219) Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline