Lihat ke Halaman Asli

Farrel Islam

bukan siapa-siapa

Sosio-Drama Based on Multicutural Pedagogy, sebagai Inovasi Pembelajaran Kekinian

Diperbarui: 15 April 2023   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sesi Foto Bersama Kegiatan Pembelajaran Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) bersama Ibu Ulfatun Nafi'ah, S.Pd., M.Pd. di kelas PPG Prajabatan Gelombang II Kelas Sejarah 01

 

Malang -- Pembelajaran di abad ke-21 saat ini diidentikkan dengan penggunaan teknologi digital. Seakan-akan memberikan dikotomi (pembatas) bahwa yang tidak menggunakan teknologi digital bukan termasuk pembelajaran di abad ke-21.

Padahal pada hakikatnya teknologi digital hanya sebagai penunjang, bukan sebagai komponen utama. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa banyak orang yang sudah melupakan esensi pembelajaran, yaitu adanya perubahan progresif pada setiap individu.

Menyikapi kondisi yang demikian, Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan pembelajaran berbasis wawasan kebhinekaan global (WKG). Kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat wawasan kebhinekaan global sebagai bagian dari profil pelajar Pancasila.

 

Kegiatan WKG dihadiri oleh keseluruhan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang II di Universitas Negeri Malang dari berbagai program studi. Di dalam aktivitas WKG, instruktur memperkenalkan inovasi aktivitas pembelajaran yang disebut sebagai Sosio-Drama Based on Multicultural Pedagogy.

Inovasi tersebut dikembangkan dari model pembelajaran sosio-drama yang dikombinasikan dengan pendekatan cultural responsive pedagogy. Dalam penerapannya, kelas dibagi menjadi 4 -- 5 kelompok. Setiap kelompok minimal harus diisi oleh 5 orang yang dikelompokkan dengan latar belakang sosio-kultural beragam.

 

Selanjutnya instruktur menyajikan peran yang harus dimainkan oleh anggota kelompok. Setelah menyajikan peran, instruktur kemudian menyajikan permasalahan yang harus diselesaikan.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline