Lihat ke Halaman Asli

Face Recognition KAI Sistem Canggih, Aman, dan Praktis

Diperbarui: 6 Oktober 2022   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Memasuki era serba digital semua aktivitas mulai dari membeli keperluan pokok hingga menggunakan fasilitas transportasi semuanya serba digital. tinggal klik di gadget tanpa harus ke tempat. cukup mudah ya. Kehadiran teknologi yang memudahkan semua sektor. Khususnya sektor transportasi yang sedang di rilis oleh PT KAI yaitu Face Recorgnition.

Face Recorgnition adalah sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi, memvalidasi, setiap orang melalui wajah dengan data yang sudah terintegritasi dan para penumpang tidak perlu menujukkan ktp kepada petugas PT. KAI.

Kabar baiknya, dengan kehadiran sistem canggih ini di lingkungan KAI, sebagai bentuk hadiah ulang tahun ke-77 KAI pada tanggal 28 September 2022 di Bandung Jawa Barat.

Kepada para konsumen yang selalu memilih kereta api menjadi transportasi favorit. Pada akhirnya dengan hadirnya fasilitas yang memudahkan para penumpang untuk memudahkan pemesanan tiket tanpa menyiapkan identitas yang sebelumnya membuat sulit dan enggan menggunakan kereta.

Bagaimana cara kerja Face Recorgnition Boarding Gate? Cukup berdiri sambil menunjukkan wajah ke layar kamera lalu terdeteksi wajah lalu setelah tervalidasi, maka gate akan otomatis terbuka. 

Namun sebelumnya,Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di Customer Service/Vending Mechine/Mesin Check In Counter yang telah dilengkapi eKTP reader.Tenang saja registrasi ini hanya dibutuhkan sekali untuk seterusnya.

Melihat kabar terbaru tentang sistem layanan KAI ini, sampai cek informasi  via instagram dengan khawatirnya data yang sudah tergregistrasi  apakah aman atau tidak. Karena sudah terkejut dengan berita hacker yang membobol data rahasia. Maka coba cek akun official KAI. Ternyata, ada salah satu komentar yang sama persis yang dikhawatirkan selama ini. "Data nya aman gak nih? Ntr kaya sebelah." Jelas komentarnya.

Untungnya pihak KAI menanggapi positif komentar tersebut. Bahwa data penumpang aman dan data tersebut hanya untuk  boarding saja. ditambah lagi penjelasan tentang sistem keamannya yang telah memiliki sertfikat ISO 27001, Security Hardening fungsinya untuk meningkatkan dan menguji keamanan data dan selalu rutin melakukan tes penetrasi infrastruktur IT.

Untuk masalah penyimpanan data,KAI memiliki database sendiri yang sudah terenkripsi. Jadi gak khawatir lagi kan dengan masalah data bocor.

Untuk itu, yuk antusias dengan adanya teknologi yang bisa memudahkan perjalanan dengan aman, nyaman dan selalu menjaga keselamatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline