Lihat ke Halaman Asli

Tips Membeli Sepatu Bola bagi Pemula

Diperbarui: 14 Desember 2021   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Sekarang dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Saat masa pandemi Covid-19 tentunya kita harus sering melakukan aktivitas olahraga. Dengan berolahraga tubuh kita akan sehat dan terhindar dari paparan virus Covid-19. Ketika pandemi Covid-19 ini,banyak olahraga yang bisa kita lakukan. 

Belakangan ini masyarakat sering melakukan aktivitas olahraga "mabol" atau main bola bersama. Olahraga "mabol" ini sangat digemari oleh kalangan muda bahkan tua. Tak hanya sekedar ingin mendapatkan tubuh yang sehat,masyarakat juga ingin mendapatkan sebuah konten.

Tentu, jika bermain sepak bola sobat pembaca harus menggunakan perlengkapan. Seperti sepatu bola,kaus kaki,shinguard dan bola. Sepatu bola merupakan senjata utama ketika sobat pembaca bermain bola. Tetapi masih banyak masyarakat yang asal membeli sepatu bola. 

Ketika sobat pembaca ingin membeli sepatu sepak bola tentunya harus memperhatikan beberapa hal. Agar sobat pembaca dapat menemukan sepatu bola yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Yuk simak beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu bola.

  • Tipe Kaki

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu bola adalah tipe kaki. Karena setiap manusia memiliki  tipe kaki yang berbeda-beda. Tipe kaki manusia memiliki 3 jenis bentuk yaitu normal arch,high arch dan flat arch

Saat hendak membeli sepatu sepak bola,sobat pembaca harus menyesuaikan tipe kaki kalian dengan sepatu sepak bola yang dipilih. Karena jika dipaksakan memakai sepatu bola yang tidak sesuai dengan tipe kaki akan terasa tidak nyaman dan meningkatkan risiko cedera.

  • Ukuran sepatu 

Tentunya sobat pembaca harus mengetahui terlebih dahulu ukuran kaki sebelum membeli sepatu bola. Karena setiap brand sepatu bola tentunya memiliki ukuran sepatu yang berbeda-beda. 

Kemudian,jangan sampai memilih ukuran sepatu yang lebih besar atau lebih kecil dari kaki sobat pembaca. Jika sobat pembaca memilih ukuran yang lebih kecil nantinya akan membuat kaki sakit dan lecet. Apabila memilih ukuran sepatu yang lebih besar juga akan membuat tidak nyaman di pakai.

  • Stud

Stud atau pul adalah bagian bawah dari sebuah sepatu sepak bola. Sepatu sepak bola memiliki 4 jenis tipe stud atau pul yaitu soft ground,firm ground,hard ground dan artificial grass. Yang pertama adalah jenis stud soft ground. Stud soft ground ini memiliki 6 buah stud. Stud soft ground biasanya digunakan saat kondisi lapangan yang lembut. Yang kedua adalah stud firm ground. Stud firm ground biasanya memiliki lebih banyak stud pada bagian telapak kaki. Stud firm ground biasanya cocok digunakan disegala kondisi lapangan.

Selanjutnya adalah stud hard ground. Stud hard ground memiliki jumlah stud 4 di belakang dan 11 stud di bagian depan. Stud hard ground biasanya digunakan saat kondisi lapangan kering dan keras. Yang terakhir adalah stud artificial grass. Stud artificial grass ini dipakai di lapangan yang rumputnya sintetis. 

  • Budget 

Hal yang harus diperhatikan kembali dalam memilih sepatu bola adalah budget. Budget sendiri perlu diperhatikan ketika sobat pembaca ingin membeli sepatu sepak bola. Karena budget sendiri  menentukan kualitas sepatu sepak bola. Semakin mahal harga sepatu bola semakin bagus pula kualitasnya,begitupun sebaliknya. Tetapi saat ini harga sepatu dalam negeri jauh lebih murah dan memiliki kualitas yang cukup baik. Tentunya kembali disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri sendiri.

  • Orisinal
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline