Lihat ke Halaman Asli

farras ramadhan

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Membagikan Handsanitizer dan Poster Pencerdasan New Normal, di Duren Sawit, Jakarta Timur

Diperbarui: 10 Agustus 2020   02:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pemberian Handsanitizer dan Poster Pencerdasan Penyuluhan New Normal kepada perwakilan warga setempat, yang diwakilkan oleh Bapak Ketua RT 3 / RW 16, Duren Sawit, Jakarta Timur (Dokumen Pribadi)

JAKARTA -- Mahasiswa Universitas Diponegoro, Farras Ramadhan (21), telah melaksanakan dua program KKN yaitu pembuatan Handsanitizer sebanyak 60 botol 50 ml yang akan didistribusikan kepada masyarakat secara gratis, sebagai tindakan dalam membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan membuat Poster penyuluhan New Normal sebagai tindakan pencerdasan warga di Duren Sawit, Jakarta Timur dan sekitarnya, yang mana pada program pembuatan desain poster tentang Covid-19 merupakan kegiatan sesuai dengan poin Quality Education pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dikeluarkan oleh PBB. Program-program tersebut dilaksanakan selama 45 hari, terhitung mulai pada tanggal 5 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020.

Berdasarkan data dari situs corona.jakarta.go.id , pada lokasi Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, merupakan kelurahan atau kecamatan yang tergolong berwarna merah atau termasuk ke dalam zona merah, yang mana zona merah yang dimaksud ini memiliki arti sebagai daerah yang penularan Covid-19 tergolong tinggi. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Undip membantu pencegahan terjadinya penyebaran Covid-19 dengan program dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan pencerdasan masyarakat didaerah Dolog Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur dengan izin ketua RT setempat dan juga kecamatan Duren Sawit.

Program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Undip untuk pencegahan Covid-19 yaitu pembuatan Handsanitizer dan dibagikan kepada masyarakat, serta program yang bersifat pencerdasan terhadap masyarakat pada daerah penelitian, karena pencerdasan tidak kalah pentingnya dalam membantu mengurangi menyebarnya Covid-19. Karena mengingat edukasi di kalangan masyarakat di Indonesia yang masih tergolong minim, maka dibutuhkan peran masyarakat atau kalangan mahasiswa, untuk mengedukasi masyarakat secara langsung kepada masyarakat yang sekiranya belum mengetahui tentang Covid-19 lebih lanjut. Dikarenakan pentingnya poin pencerdasan yang mana merupakan salah satu poin dalam Sustainable Development Goals (SDG's), yaitu goal 4 berupa Quality Education, atau pencerdasan berkualitas, maka mendorong dilakukannya kegiatan seperti pembuatan design poster tentang Penyuluhan New Normal, dan akan dibagikan serta ditempel pada daerah penelitian.

Dokumentasi Penempelan Poster Pencerdasan Penyuluhan New Normal di Kantor Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. (Dokumen Pribadi)

Program-program diatas telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP, untuk program pembuatan dan pembagian 60 handsanitizer yaitu  30 handsanitizer untuk warga Dolog Jaya RT 3 / RW 16, Duren Sawit Jakarta Timur, diwakili oleh Bapak Ketua RT agar mengurangi adanya perkumpulan, 20 handsanitizer untuk Pegawai PTSP Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur diwakili dengan diberikan kepada Ibu Kepala PTSP Kecamatan Duren Sawit serta Bapak KASUBAG TU Kecamatan Duren Sawit, dan 10 handzanitizer juga telah dibagikan kepada warga sekitar RT 3 / RW 16, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit dan sekitarnya. Pada saat pembagian handsanitizer, juga telah dilaksanakan pembagian Poster Penyuluhan New Normal dan telah ditempel di beberapa tempat, seperti Kantor Kecamatan Duren Sawit, Kantor Kelurahan Duren Sawit, Masjid RT setempat, Pos Satpam setempat, dan dinding perumahan warga yang mengizinkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline