Lihat ke Halaman Asli

Ade Candra

TERVERIFIKASI

pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman

Timnas Garuda Sukses Kalahkan Tim dari Timur Tengah

Diperbarui: 9 Maret 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : Berita DIY - Pikiran Rakyat

Tim asal timur tengah selalu menjadi momok menakutkan bagi Timnas U -20 indonesia. Rekor buruk selalu tersaji Ketika bersua Tim dari Timur Tengah Tersebut. Faktanya dari 19 laga timnas di Piala Asia U-20 melawan Tim dari Timur Tengah,  Garuda Muda hanya mampu meraih 1 kali kemenagan, 2 seri  dan  16 kali menelan kekalahan termasuk dengan skor cukup telak. Kekalahan terbesar garuda Muda Di Piala asia  U-20 terjadi di Fase Group  Piala asia 1986, kala berhadapan dengan Timnas  Arab Saudi U-20  dengan Skor 0-7.

                                                                                                   

Pun juga di Putaran Fina Piala Asia Kali ini, Timnas U-20 Indonesia sudah dihempaskan Irak dengan skor 0-2 pada pertandingan pertama penyisihan Group A, namun  mimpi buruk Ketika bersua Tim dari Timur Tengah sirna Ketika Timnas Garuda berhasil mengalahkan Timnas U-20 Syria dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan kedua penyisihan Group A. Pertandingan melawan Syria ini merupakan kali kedua timnas  U-20 bersua dengan Timas Syria di pentas Piala Asia U-20.

Pertemuan pertama terjadi  pada putara piala Asia di Jakarta tahun 1994 silam. Kala kitu Timnas U20 Indonsia yang diwakili anak -- anak primavera di tundukkan dengan skor telak 0-4 oleh Syria. Pada hal waktu itu banyak pengamat beranggapan Timnas Indonesia mampu mengalahkan Syria dengan alasan Timnas primavera di huni pemain handal seperti Kurniawan DJ yang saat itu bermain di FC Luzern, Swis, Kurnia Sandi di Sampdoria dan Bima sakti yang memngarungi kompetisi Bersama Helsinborg, di Liga utama swedia.

Tapi faktanya Timnas u- 20 Indonesia kalah telak dari Syria. Saat menghadapi Syria kala itu jelas sekali factor mental pemain menjadi penyebabnya. Pada babak awal hingga pertengahan babak pertama Timnas U- 20 indonesia berhasil mengimbangi permainan Syria yang menagandalkan postur tinggi, kekar namun semua nya berubah Ketika pada pertengahan babak pertama Timnas Indonesia memperoleh Hadiah tendangan penaliti akibat pemain Syria melakukan pelangaran di Kotak Penalti. Bima sakti yang kal itu ditunjuk sebagai algojo justru gagal menceploskan bola ke gawang Syria. Setelah kegagalan tersebut Timnas Primavera tampil melempem, akibatnya 4 Gol bersarang  di gawang Kurnia Sandi pada babak kedua.

Beruntung  Ketika melawan Syria U-20 pada  Lanjutan laga Piala Asia U-20 Group A yang  berlangsung  di Lokomotiv Stadium, sabtu (3/3/2023) dengan Kick OFF pada pukul 19.00 Wib Timnas Garuda berhasil menjungkalkan Timnas U-20 Syria dengan skor tipis 1-0 melalui Gol tunggal yang dilesakkan Hokky Caraka pada menit ke 35 melalui tendangan  kaki kirinya setelah melakukan aksi Brilyan mengecoh pemain belakang Syria. Dengan hasil ini Timnas Garuda berhasil memperbaiki rekor buruk Ketika melawan Timnas  U-20 dari Timur  Tengah sekaligus merubah catatan statistic menjadi 2 kali kemenangan. Mudah-mudahan  Timnas Garuda bisa terus mempertahankan kemenangan melawan Tim dari Timur Tengah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline