Lihat ke Halaman Asli

Muhammad RizkiFarmas

Universitas Pendidikan Indonesia

Analisis Semiotika pada Film 5 Cm Karya Rizal Mantovani, Melalui Teori Charles W.Morris

Diperbarui: 25 Oktober 2022   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Footage From Film 5 cm. Tangkapan layar

Sebuah tanda atauu representamen (Semiotika) menurut Charles W. Morris memiliki 3 bidang kajian yaitu Sintatik, Semantik dan Pragmatik. Kajian tersebut disebut dengan Branches Of Inquiry, hal tersebut membicarakan tanda dan bagaimana tanda tersebut berfungsi dalam komunikasi.

3 Bidang tersebut banyak sekali terdapat dalam film, salah satunya yaitu Film "5 cm" film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini, menceritakan kisah 5 orang sahabat yang saling menguatkan dalam rintangan yang dihadapi oleh mereka.

Berikut analisis film "5 cm" dengan menggunakan struktur teori Branches Of Inquiry:

  • Sintatik

Dalam scene ini Sintatik (Visual) yang terjadi ialah terlihat diantara kanan dan kiri Zafran terdapat dirinya dengan pakaian merah dan putih, ini menandakan sisi dari seorang Zafran, dengan Zafran berbaju merah melambangkan bahwa Zafran adalah orang yang tidak baik dan Zafran Berbaju Putih melambangkan Zafran adalah orang yang baik.

  • Semantik

Dalam adegan ini Semantik (Kata-kata) yang terjadi ialah ketika Arial mengatakan ingin mengajak Indi ke Villa yang ia dan keluarganya miliki untuk bersantai disana, lalu Indi mengatakan "Gpp, Asal jangan macem-macem yah..." ini menandakan bahwa Indi hanya ingin melakukan hal yang positif disana dan tidak ingin sampai terjadi hal yang negatif.

Footage From Film 5 cm. Tangkapan layar

  • Pragmatik

Dalam Scene ini Pragmatik (Teknis) yang terdapat ialah dalam pengambilan dalam pengambilan gambar tersebut, terlihat Iyan yang hendak jatuh dari kursi dengan baju yang memiliki warna lebih menonjol diantara yang lain. Ini menandakan bahwa Iyan lah Objek utama dalam adegan itu dengan orang disekeliling yang memerhatikan.

Footage From Film 5 cm. Tangkapan layar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline