Lihat ke Halaman Asli

Farkhatul Atiya

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

Meningkatkan Skill Mahasiswa dengan Pendidikan 4K

Diperbarui: 1 Desember 2021   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kata maha yang menyertai siswa bukan hanya sebagai penanda bahwa kita sudah tamat belajar dan telah menyelesaikan tugas kita di bangku SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi kata maha ini berarti mahasiswa sudah mampu memimpin secara mandiri jasmani dan rohani mereka.

Pada abad 21 banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para mahasiswa semester awal, pertengahan hingga yang tengah gencar-gencarnya mengerjakan skripsi. Sebagai mahasiswa abad 21 belajar mengenai teori saja tidaklah cukup. Teori-teori yang mereka pelajari butuh untuk diaplikasikan dengan benar agar tujuan belajar bisa tercapai sebagaimana mestinya. 

Mahasiswa dibentuk untuk mengabdikan diri kepada masyarakat karena itu ketika berbaur dengan masyarakat diharapkan mahasiswa memiliki etika dan tata krama yang mencerminkan sikap terpelajar dan mampu beradaptasi dengan segala aturan, norma, adat dan budaya yang dianut oleh masyarakat sekitar.

Mahasiswa adalah pewaris bangsa maka dari itu mereka diharapkan agar terus tanggap untuk menjawab segala persoalan dan tantangan yang ada di depan mata saat ini. Mahasiswa sangat dituntut untuk memiliki segudang keterampilan yang nantinya akan di aplikasikan ke dunia kerja, organisasi sosial kemasyarakatan dan penyelenggaraan demokrasi.

Mahasiswa jaman sekarang dibentuk dan dirancang agar dapat berkolaborasi dengan teman dan orang-orang di luar sana. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi secara verbal maupun non verbal, meningkatkan sensitivitas terhadap orang yang ada di sekitarnya, membentuk mahasiswa yang berjiwa sosial dan memimpin orang lain.

Berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dapat meningkatkan 4k seperti, UKM, BEM, HIMA, DPM dll. Kegiatan tersebut masih dalam ruang lingkup universitas yang manakala kegiatan-kegiatan tersebut sangat dianjurkan untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa. Dan adapun perlombaan bergengsi tingkat nasional yang diadakan untuk mahasiswa meliputi, PKM, MAWAPRES, NUDC, PEKSIMINAS dll.

Mahasiswa akan bertemu dengan orang baru yang membuat pikiran mereka terbuka untuk terus belajar dan memahami sekitarnya. Maka dari itu ada baiknya mahasiswa memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik mungkin dalam kegiatan yang berbau sosial kemasyarakatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline