Lihat ke Halaman Asli

Kisah Misteri Bendungan Cirata di Purwakarta

Diperbarui: 29 Juli 2023   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

     Beberapa di Indonesia memiliki legenda yang mewarnainya. Kisah-kisah tersebut cenderung mistis dan tidak bisa dicerna dengan nalar. Salah satu yakni Bendungan cirata yang merupakan sumber air yang ada di daerah purwakarta. 

     Bendungan ini memiliki luas yang cukup menakjubkan yaitu mencapai 43 ribu hektar, sehingga bendungan ini bisa dikatakan sebagai bendungan buatan terbesar di asia tenggara. Bagi warga purwakarta dan sekitarnya tentu saja bendungan ini menjadi tempat wisata yang cukup menarik dan sering di kunjungi baik di hari biasa maupun akhir pekan. 

     Bendungan cirata ini selain berfungsi sebagai PLTA dan juga untuk pengairan lahan yang ada di sekitarnya masih banyak fungsi lain dengan keberadaan dari bendungan cirata ini, keberadaan bendungan ini tentu saja menjadi berkah bagi warga yang berada sekitarnya karena Selain memiliki keindahan dan manfaat yang baik tentunya waduk ini juga memiliki sejarah dan misteri yang cukup menarik untuk di telisik. 

Dibalik hal itu, ternyata terdapat sebuah kisah misteri dan mistis dalam bendungan Cirata. Berikut inilah 6 Misteri dari Bendungan Cirata, PLTA Terbesar di Asia Tenggara yang ada di Purwakarta.

Doc. Pribadi

1. Misteri Penginapan Bendungan Cirata

    Sebuah penginapan aneh dan angker berada di dekat bendunggan Cirata. Tak banyak orang yang berani bermalam di sini, kecuali kalau terpaksa sekali. Biasanya adalah orang-orang dari dinas pekerjaan umum atau wisatawan yang kadung tidak mendapatkan tempat layak berupa hotel bagus. Tarifnya memang murah untuk mendapatkan penginapan bergaya villa kuno. Namun siapa sangka, dengan menginap di sina, kita malah mendapatkan teror gaib.

2. Misteri Bulan Purnama di Bendungan Cirata

    Kejadian aneh yang sering terjadi berkaitan dengan debit air di Cirata yang bisa meluap dan surut secara Drastis. Apalagi kalau sedang terjadi supermoon atau bulan purnama. Makanya dihimbau kalau datang ke sina jangan saat purnama, takutnya kita tenggelam.

3. Ular Besar Penghuni Bendungan Cirata 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline