Lihat ke Halaman Asli

Fariz Ramadhan

Pelajar/Mahasiswa

Bisnis Syariah untuk Menggapai Ridha Allah

Diperbarui: 10 Oktober 2022   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran dan tugas manusia adalah beribadah kepada Allah, jadi setiap tindakan kita harus diniatkan sebagai ibadah yang artinya segala perbuatan harus sesuai dengan perintahNya dan menjauhi laranganNya, begitu juga dalam menjalankan bisnis, seperti yang tercantum dalam surat Adz Dzariyat ayat: 56 yang mempertegas bahwasanya tujuan Allah menciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepadaNya.

Menjalankan bisnis merupakan bagian dari pelaksanaan peran kita sebagai khalifatullah atau wakil Allah di dunia yang mana kita berkewajiban untuk memakmurkan bumi dengan jalan beribadah kepadaNya sesuai dengan firman Allah dalam surat Al'An'am: 165

artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al An'am: 165)

Oleh karenanya, salah satu wujud peran kita sebagai khalifatullah ialah menjalankan bisnis yang diridhoi oleh Allah. Nilai-nilai yang baik dan buruk, benar dan salah, bahkan etis dan tidak etis dalam dunia bisnis tentu harus didasarkan kepada prinsip- prinsip Syariah. Kebenaran, kesalahan, kebaikan dan keburukan manajemen bisnis diputuskan berdasarkan kemaslahatan bersama.

Syariah Islam telah mengatur dan membimbing manusia di seluruh aspek kehidupan. Karena bisnis adalah bagian dari aspek kehidupan, maka bisnis diatur oleh syariah. Dengan tuntunan syariah ini, kita dapat mencapai al-falah yang berarti kesuksesan dan hayatan thayiban yang artinya kehidupan yang baik. Syariah memang sangat patut untuk dijadikan landasan untuk mencari solusi dalam tantangan berusaha dalam era ini.

Bisnis Syariah ialah bisnis yang tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya, namun pelaksanaan bisnis ini berlandaskan syariat Islam. Maka, ada 5 prinsip yang harus diterapkan dalam bisnis Syariah dalam menggapai ridho Lillah, yaitu:

Pertama, tauhid yang mengantarkan manusia pada pengakuan atas keesaan Allah selaku Tuhan semesta alam. Dalam artian kita meyakini bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini bermula dan berakhir kepadaNya. Allah adalah pemilik mutlak dan absolut atas semua yang diciptakannya. 

Oleh sebab itu segala aktifitas khususnya dalam muamalah dan bisnis harus sesuai dengan aturan-aturan dan tidak menyalahi Batasan- batasan yang telah diberikan. Salah satu aturan dalam bisnis antara lain barang yang diperdagangkan adalah barang-barang halal yang dibolehkan oleh Agama Islam, bukan hanya dilihat dari barang saja, tetapi dari bahan baku, proses produksi hingga menjadi barang jadi harus yang halal.

Kedua, keseimbangan dalam melakukan bisnis, Islam mengharuskan kita untuk berbuat adil tanpa terkecuali kepada non muslim atau pihak yang tidak kita sukai. Semua hak, baik itu hak penjual, hak pembeli, hak lingkungan , hak semesta alam, hak Allah dan rasulNya harus dijalankan sesuai dengan Syariah. Persamaan kompensasi, persamaan hukum dan proporsional adalah pilar-pilar keadilan dan keseimbangan moral Islam yang akan membawa kepada kebajikan dan ketakwaan. Allah berfirman dalam surat Al- Maidah ayat 8 yang berbunyi:

 

artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Maidah: 8)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline