Lihat ke Halaman Asli

Webinar Kurikulum Merdeka: Penggunaan Web Interaktif Mentimeter di SD Muhammadiyah Plus 09 Jakarta

Diperbarui: 23 Agustus 2023   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zoom Webinar

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) Jakarta, melaksanakan pengabdian masyarakat secara daring melalui webinar kepada SD Muhammadiyah 09 Plus Jakarta dengan topik “Literasi Kurikulum Merdeka: Penggunaan Website Interaktif Mentimeter” pada Kamis (27/07/2023). Kegiatan pengabdian masyarakat ini sejatinya merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM UHAMKA) dengan berbagai mitra.

Acara webinar ini mengundang dua pemateri dari Fakultas Agama Islam UHAMKA Jakarta yaitu Ibunda Lismawati, S.Pd.I., M.Pd dan Ibunda Nur Melinda Lestari, S.E., M.H. Webinar ini pula dibuka langsung oleh Kepala SD Muhammadiyah 09 Plus Jakarta yaitu Ibunda Syamsiah, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Webinar ini sangat menarik untuk diadakan, karena guru dapat langsung mencoba mengaplikasikan media pembelajaran melalui web mentimer.” Ujarnya.

Selanjutnya, pemateri webinar Ibunda Lismawati, S.Pd.I., M.Pd yang merupakan Dosen di Fakultas Agama Islam UHAMKA memberikan pemaparan singkat tentang kurikulum merdeka, lalu dilanjutkan dengan memperkenalkan website interaktif  mentimeter.

Pengaplikasian penggunaan website mentimeter dipandu langsung oleh Fariz Najwan, S.Pd di hadapan bapak dan ibu guru SD Muhammadiyah 09 Plus Jakarta. Di mulai daripada pembuatan akun guru dan siswa, lalu dilanjutkan dengan langkah-langkah membuat bahan ajar di website mentimeter. 

Guru yang menyaksikan dapat bertanya langsung apabila ada yang kurang dimengerti. Beberapa pertanyaan misalnya yang diajukan oleh guru IMUSBA, “apakah website mentimeter ini bisa menggunakan font Arabic?”. Lalu, dijawab oleh pemateri “Kami belum mencoba, namun kemungkinan besar ini bisa dimasukkan font Arabic.”

Webinar ini dimoderatori oleh Adam Januar Mufthakin, S.Pd yang memandu kegiatan webinar sehingga berjalan dengan lancar.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline