Lihat ke Halaman Asli

Fariz Luqman Hakim

Pelajar/Mahasiswa

Peranan Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Diperbarui: 3 November 2020   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peranan Bisnis adalah untuk menciptakan suatu kegunaan barang atau jasa dari dari bahan mentah ke bahan jadi yang akan berguna untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan lalu diperjualkan kepada masyarakat/konsumen dan hasil dari penjualan tersebut akan menjadi keuntungan.

Aktivitas Bisnis teridiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi.

Produksi yaitu kegiatan mengolah atau memproduksi barang yang berasal dari bahan mentah diubah ke barang jadi yang akan berguna buat masyarakat/konsumen.

Distribusi yaitu kegiatan yang bertujuan membantu atau memperlancar penyampaian barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen.

Konsumsi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi daya guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan diri.

Etika Bisnis adalah etika yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Didalamnya mencakup aspek yang berkaitan  dengan individu, perusahaan, dan masyarakat.

contohnya seperti datang tepat waktu saat rapat, berdiri saat berkenalan, mengucapkan terima kasih, dll.

Peran Pemerintah,Asosiasi Perdagangan, dan Pengusaha dalam mendorong sikap etis yaitu harus memiliki sikap adil, jujur, tanggung jawab, komitmen, dan rasa hotmat.Ada lima nilai penting bagi para pemimipin etis yaitu: kebanggaan yang sehat, kesabaran, kehati-hatian/ketelitian, ketekunan, dan perspektif.

Tanggung Jawab Sosial yaitu kebijakan yang berguna untuk menemukan titik keseimbangan antara perusahaan dengan pihak yang terkait seperti pemerintah, konsumen, dan masyarakat.Dimana bertujuan untuk menunjukan sikap kepedulian dan memberikan kontribusi untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan.

feb.uhamka.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline