Lihat ke Halaman Asli

Fariz Luqman Hakim

Pelajar/Mahasiswa

Bisnis dan Perusahaan

Diperbarui: 27 Oktober 2020   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bisnis Dan Perusahaan

A. Bisnis

     Menurut definisi, bisnis merupakan sebuah aktivitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan, dengan konsep dimana seorang individu atau organisasi akan mencari cara untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin dengan modal yang seminim mungkin.

Menurut islam, bisnis adalah sebuah nilai ekonomi dimana setiap aktivitas yang kita lakukan memiliki nilai manfaat untuk orang lain, dengan konsep dimana perusahaan kita membuat untung orang banyak meskipun menghasilkan keuntungan yang tidak terlalu besar.

B. Perusahaan

     Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.

Konsep Komponen Bisnis

  • Pasar

Pasar adalah tempat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dimana terjadi permintaan dan penawaran yang menghasilkan deal harga

Berdasarkan wujudnya pasar di bedakan menjadi dua,yaitu:

  • Pasar Konkret
  • Adalah pasar yang dimana kegiatan jual beli dilakukan secara tatap muka atau bertemu secara langsung.
  • Contoh: pasar swalayan dan pasar tradisional

  • Pasar Abstrak
  • Adalah pasar yang dimana kegiatan jual beli tidak dilakukan secara tatap muka atau bertemu langsung melainkan dengan cara online atau melalui internet.
  • Contoh: online shop

Pada dasarnya bentuk pasar dibagi menjadi dua,yaitu:

  • Pasar Persaingan Sempurna
  • Adalah pasar yang memiliki sebuah mobilitas yang sempurna dari sumber daya yang ada serta di lengkapi oleh pengetahuan yang baik dari penjual dan pembeli, sehingga hasil dari interaksi tersebut yang berupa harga pasar benar -- benar rill dari interaksi antara keduanya

  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna
  • Merupakan kebalikan dari Pasar Persaingan Sempurna dimana penjual dan pembeli  bisa mempengaruhi harga pasar.

  • Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibagi menjadi beberapa bentuk,yaitu:

  • Pasar Monopolistik
  • Adalah suatu bentuk pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli,dimana banyak terdapat penjual atau produsen dengan menjual suatu produk yang sama namun ada beberapa perbedaan dari beberapa aspek.
  • Pasar Monopoli
  • Merupakan suatu bentuk pasar dimana pasar tersebut dikuasai oleh satu pihak yang memiliki kuasa lebih.
  • Pasar Oligopoli
  • Merupakan salah satu pasar yang dimana dikuasai oleh beberapa penjual atau konsumen saja.Pada dasarnya pasar oligopoly memiliki dua jenis yaitu oligopoli murni dan oligopoli diferensial
  • Pasar Monopsoni
  • Dalam pasar ini terdapat banyak penjual namun pembeli hanya tunggal.
  • Pasar Oligopsoni
  • Dalam pasar ini terdapat beberapa pembeli

  • Perusahaan
  • Pihak Eksternal
  • Konsep Perubahan
  • Sebuah Perushaan harus terus berkembang dan memiliki inovasi yang baru untuk menarik perhatian konsumen sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

Peluang Bisnis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline