Lihat ke Halaman Asli

Atik Farizka

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Ahmad Dahlan

Ketarunaan sebagai Program Unggulan di SMKN 3 Yogyakarta

Diperbarui: 18 Februari 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Foto Ketarunaan SMK N 3 Yogyakarta

YOGYAKARTA – SMK Negeri 3 Yogyakarta memiliki program unggulan yaitu ketarunaan. Ketarunaan merupakan sistem pendidikan berbasis militer yang diusung oleh sekolah dengan tujuan untuk membentuk karakter dari peserta didik. Program ini bermanfaat untuk membentuk mental, kepribadian, dan kedisiplinan dari setiap individu peserta didik.

Ketarunaan di SMK Negeri 3 Yogyakarta ini baru berjalan satu semester yang dimulai dari awal tahun pelajaran 2022/2023. Dalam satu minggu, setiap kelas mendapat giliran satu kali latihan. Tentunya hal tersebut sudah dijadwalkan oleh pihak sekolah. Sekolah ini mengusung program ketarunaan yang melibatkan siswa siswi kelas X dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan baris berbaris, latihan kepemimpinan, hafalan doa, dan kegiatan fisik lainnya. Adapun pelatih dari kegiatan ketarunaan adalah guru khusus ketarunaan yang telah diseleksi melalui rekruitmen sekolah.

Hal yang melatarbelakangi adanya kegiatan tersebut dikarenakan adanya pembelajaran daring, tentunya menimbulkan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dari pembelajaran daring adalah karakter peserta didik yang kurang terutama dalam hal kedisiplinan. Wakil kepala SMK Negeri 3 Yogyakarta bidang kurikulum berharap, peserta didiknya menjadi pribadi yang lebih disiplin, tertib, berprestasi, dan berguna bagi masyarakat luas. (Atik Farizka)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline