Anak usia dini adalah tahap pertama sang anak menginjakan kakinya di muka bumi. Anak usia dini dimulai dari baru lahir hingga 6 tahun. Dimana pada tahapan usia tersebut anak berkembang dengan sangat pesat. Sejak dari awalnya tidak bisa berjalan sampai anak bisa berlari dengan kencang. Semua tahapan-tahapan tersebut ada di tahapan usia dini.
Pendidikan anak usia dini yang harus diupayakan, ialah aspek pertumbuhan dan aspek perkembangan yang harus dipantau sejak lahir. Apek perkembangan tersebut berkenaan dengan pertumbuhan fisik pada anak usia dini. Sedangankan aspek perkembangan pada anak usia dini sangatlah banyak, dan setiap fase perkembangannya harus dipantau agar dapat berjalan maksimal kedepannya.
Pendidikan pada anak usia dini sangat diperlukan untuk kehidupan mendatangnya. Karena dalam pendidikan anak usia dini ditanamkan beberapa nilai-nilai yang menjadikan anak tersebut memiliki moral yang baik kedepannya.
Pendidikan tersebut disebut pendidikan karakter. Pendidikan karakter ialah sebuah pendidikan yang mendidik anak untuk melakukan tindakan yang baik serta mencegah dari tindakan yang tak bermoral.
Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk anak usia dini.
Dalam konteks tersebut pendidikan karakter berperan sebagai alat dalam penanaman nilai moral dan sosial pada anak usia dini. Nilai moral dan sosial tersebut tergantung pada lingkungan yang sedang ditempati oleh anak. Dalam suatu wilayah memiliki nilai moral dan sosial yang berbeda, sehingga untuk dijadikan tolak ukur adalah nilai moral dan sosial lingkungan yang sedang ditempati oleh anak usia dini.
Dalam pembentukan nilai moral dan sosial pada anak usia dini perlunya peran orang tua untuk berkecimbrung di dalamnya. Selain orang tua guru serta masyarakat sangat beperan untuk penanaman nilai anak (Eka, Astuti, and Chalimah 2016).
Karena dalam kehidupan tidak hanya diukur kecerdasan intelektualnya saja, akan tetapi juga nilai moral serta sosial seseorang diukur oleh masyarakat. Dengan begitu perlunya penanaman nilainilai tersebut sejak anak usia dini.
Penanaman nilai pada anak usia dini lebih efisien untuk diajarkan melalui tindakan. Karena pada anak usia dini mudah meniru segala tingkah laku yang mereka lihat.
Sehingga perlunya kita menjaga tindakan agar anka mampu meniru tindakan yang baik dari kita.
Penanaman niali-nilai tersebut bisa dilakukan dalam bimbingan konseling. Dalam bimbingan konseling anak usia dini berbeda dengan bimbingan konseling pada umumnya.