Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Faris Mujahidin

Mahasiswa 23107030058 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pimpin Grup D, Persikas Subang Lolos ke 32 Besar Liga 3 Nasional

Diperbarui: 6 Mei 2024   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram milik @persikassubang_official

Klub sepakbola asal Subang, Jawa Barat melangkah ke 32 besar Liga 3 Nasional. Hasil itu menunjukkan kebangkitan klub asal Subang, Jawa Barat yang sebelumnya tidak pernah melangkah sejauh ini. Sebelumnya, Persikas menjadi runner up pada Liga 3 Seri Jawa Barat setelah dikalahkan di laga final oleh Persipasi Bekasi dengan skor 0-2.  

Setelah masuk Liga 3 Nasional, sponsor sponsor mulai berdatangan untuk menggandeng Persikas bertanding di Liga 3 Nasional. Diantaranya yaitu, Bank BJB, PT. Wahana, PT. Evoluzione Tyres, Pertamina EP, PT. Taifa Jaya Development, Aqua, PT. Dahana, PT. Eco Paper Indonesia, Apindo Subang, Tridjaya Elektronik, dan lain lain.

Sponsor tersebut akan menjadi daya tambahan untuk menambah kekuatan dan semangat manajemen dan pemain agar bisa membawa nama sepakbola Subang ke kancah nasional.

Selain itu, dilansir dari subang.go.id, dukungan juga datang dari PJ Bupati Subang, yaitu Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd. Beliau optimis Persikas akan lolos ke Liga 2 Nasional dan menghimbau kepada masyarakat Subang untuk senantiasa mendoakan dan mendukung tim asal Subang tersebut. Hal itu disampaikan beliau ketika menonton langsung pertandingan antara Persikas Subang vs Persibangga Purbalingga. "Semoga Persikas lolos Liga 2. Saya harap dukungan dai masyarakat terhadap suksesnya penyelenggaraan Liga 3 Nasional dan kita dukung Persikas agar juara serta lolos ke Liga 2" harapnya. (29/04/2024)

Persikas menjadi tuan rumah karena Stadion Persikas ditunjuk untuk menjadi tempat bertandingnya tim grup D Liga 3 Nasional. Grup D terdiri dari Persikas Subang, PS PTPN III, Caladium FC, dan Persibangga.

Pada pertandingan pertama, Persikas menghadapi Persibangga pada Senin, 29 April 2024. Tim asuhan Didin Gultom ini berhasil mencetak gol pertama dan kedua melalui gol yang dicetak oleh Ega Nugraha dan unggul 2-0 di babak pertama. Setelah itu Persikas sempat kebobolan, tetapi Andi Nugraha berhasil menambah gol kembali dan skor akhir menjadi 3-1 untuk kemenangan persikas.

Pada pertandingan kedua, Persikas menghadapi Caladium FC pada Rabu, 1 Mei 2024. Persikas menghajar Caladium FC yang merupakan tim dari Balikpapan dengan skor 5-2. Di babak pertama, gol Persikas dimulai gol dari Tegar Aryanto pada menit 7' dan Fardhan Faris pada menit 27'. Setelah itu Caladium FC memperkecil ketertinggalan dengan gol yang dicetak oleh Muhammad Yusuf pada menit 35', Babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

Pada babak kedua, persikas menambah pundi pundi gol melalui dua gol dari Ega Nugraha dan satu gol dari Rizky Firmansyah. selain itu, Caladium FC berusaha memperkecil kedudukan, tetapi sayang hanya satu gol yang tercetak pada babak kedua melalui gol yang dilesahkan oleh Muhammad Yusuf. Pertandingan berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan Persikas.

Persikas mengakhiri laga di grup dengan kemenangan melawan PS PTPN III dengan skor 3-2. Pada babak pertama, Andi Ramadana berhasil mencetak 2 gol ke gawang PS PTPN III pada menit 1' dan 24', hingga turun minum skor tetap 2-0 untuk Persikas. Pada babak kedua, Rizky Firmansyah berhasil mencetak gol pada menit 53' melalui umpan yang diberikan oleh Ega Nugraha. Pada menit 78', pemain Persikas yaitu Hendri melakukan bunuh diri ke gawang sendiri, disusul gol dari pemain PS PTPN III yaitu Aditya pada menit 86'. Skor berakhir 3-2 hingga akhir pertandingan untuk kemenangan Persikas Subang.

Dilansir dari Instagram milik @persikassubang_official, ketika diwawancarai, pelatih Persikas yaitu Didin Gultom mengomentari jalannya pertandingan terakhir pada fase grup 80 besar Liga 3 Nasional. Menurutnya, di pertandingan ke 3 ini, persikas ingin menyapu bersih pertandingan yang ada, dengan bermain high pressing.

"Ya pertandingan tadi membuktikkan bahwa Persikas siap menyapu bersih seluruh pertandingan. Dengan bermain high pressing, tidak bisa dipungkiri bahwa akan selalu ada gesekan dan tempo yang tinggi."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline