[caption id="" align="aligncenter" width="328" caption="PLN Bersih"][/caption] Begitu mendengar program PLN Bersih ini, saya merasa ini adalah sebuah langkah yang SANGAT LUAR BIASA yang dilakukan oleh salah satu BUMN ini. Di tengah maraknya korupsi di Indonesia saat ini, PLN dengan tegasnya membuat sebuah program yang menyatakan PLN bersih dari korupsi. Kami sebagai blogger khusunya saya pribadi sungguh sangat bangga dengan apa yang dilakukan PLN ini. Saat ini Indonesia bisa dibilang sebagai negara yang darurat korupsi. Bagaimana tidak, di setiap berita yang ditayangkan di televisi maupun yang terdapat di media cetak, hampir bisa dipastikan selalu ada berita tentang kasus korupsi. Bahkan telah terungkap adanya keterlibatan praktik tindak pidana korupsi yang melibatkan 300 kepala daerah. Ini sungguh gila! Indonesia sedang sakit. Indonesia benar-benar membutuhkan obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Dan di tengah penyakit negara kita ini, PLN dengan gagahnya membuat sebuah program PLN Bersih dengan 4 pilar yang dikenal dengan sebutan PITA. Setelah saya baca mengenai PITA di website PLN Bersih, saya melihat bahwa sistem 4 pilar program PLN Bersih ini sangatlah baik. Di sini saya akan bahas sedikit mengenai PITA ini. [caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="PITA"] [/caption] Partisipasi Ya, yang pertama adalah partisipasi. Partisipasi dari seluruh pegawai PLN dalam menjalankan program PLN Bersih sangatlah penting. Bisa dibilang ini adalah yang terpenting. Suatu perusahaan bisa dikatakan bersih adalah karena peran penting dari seluruh pegawainya. Jika seluruh pegawainya bersih, tentu saja perusahaan itu pun akan bersih. Integritas Pilar kedua adalah integritas. Integritas haruslah dimiliki oleh setiap pegawai perusahaan. Pegawai yang menjunjung tinggi nilai nilai kode etik perusahaan sangatlah diperlukan dalam mewujudkan cita-cita perusahaan. Transparansi Pilar yang ketiga adalah transparansi. Dengan pilar transparansi ini, diharapkan adanya keterbukaan informasi kepada publik. Akuntabilitas Pilar terakhir yaitu akuntabilitas. Menurut pandangan saya, PLN sudah melaksanakan pilar ini dengan baik. Melihat saat ini akses internet adalah hal yang mudah, PLN tidak mau ketinggalan dalam menggunakan fasilitas sosial media sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat. Dan ini sangatlah membantu. Itulah 4 pilar yang ditegaskan oleh PLN dalam upaya menjalankan program PLN Bersih ini. Diharapkan keempat pilar di atas bukanlah hanya sebuah tulisan melainkan dapat benar-benar diterapkan sehingga PLN bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain ke depannya. Seperti itulah harapan kami. Dan intinya kami sebagai Blogger sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh PLN terkait program PLN Bersih ini. Salut buat PLN!! PLN Bersih, Masa Depan Cerah!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H