Lihat ke Halaman Asli

Farin Regina

Mahasiswa

Tak Heran Jika Obesitas Rentan Terhadap Penyakit Diabetes

Diperbarui: 11 April 2022   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tak Heran Jika Obesitas Rentan Terhadap Penyakit Diabates

Gaya hidup sangat memengaruhi terjadinya suatu penyakit. Oleh karena itu, tidak heran jika orang gemuk berlebihan rentan terhadap penyakit, salah satunya penyakit diabetes.diabetes  terus meningkat dan prevalensi nya mencapai 6,2 persen di Indonesia. Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya, jika tidak di kontrol dapat merenggut nyawa seseorang.

Mencintai tubuh diri sendiri bisa di tunjukkan dengan berbagai cara, mulai dari merawatnya, memanjakannya atau hal lainnya. Seperti ada sebagian orang ia mencintai tubuhnya dan menunjukkannya dengan cara ia selalu merawatnya dengan cara mengkosumsi vitamin-vitamin yang membuat tubuhnya sehat. Namun ada sebagian orang mencintai tubuhnya sama seperti ia mencintai dirinya sendiri. Seperti juga halnya memakan apasaja yang ia mau tanpa memikirkan hal yang akan terjadi nantinya. Hal ini sama seperti memanjakan hawa nafsu dan memanjakan perutnya.

Seseorang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih semakin lama ia akan menjadi tidak atau kurangnya sensitif terhadap insulin (resistensi insulin). 

Insulin adalah hormon yang dihasilkan sel beta pankreas yang pada dasarnya berfungsi untuk menyerap gula atau glukosa dalam darah, sehingga kadar gula dalam darah tetap normal.


Lemak  pada penderita obesitas akan meningkatkan pelepasan asam lemak bebas yang menyebabkan resistensi insulin. Sel beta pankreas menjadi bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin.

Selain itu, obesitas juga memicu perubahan metabolisme tubuh. Perubahan itu menyebabkan jaringan lemak melepaskan molekul lemak ke dalam darah, yang terus memengaruhi respons sel terhadap insulin dan membuat orang bertubuh berat badan berlebihan rentan terhadap diabetes.

Terdapat penelitian baru, bahwa orang obestitas 80 kali lebih mudah terkena diabetes jika dibandingkan dengan orang yang berat badannya ideal.


Obesitas rentan terhadap diabetes dikarenakan orang yang berat badanyya berlebihan, itu cenderubg mengandung banyak lemak, oleh karenanya obesitas sangat rentan terhadap penyakit diabetes dan penyakit kronis.

Obesitas atau berat badan yang berlebih akan mengakibatkan diabetes dan hal ini terdapat dan dapat menyerang di semua kalangan usia, termasuk usia muda.

Mengapa obesitas  lebih mudah terkena diabates dibandingkan orang yang berat badannya ideal?
Dikarenakan Kelebihan berat badan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam lemak dan peradangan, yang  menyebabkan resistensi insulin, dan selanjutnya terjadi diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang tidak tergantung pada insulin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline