Lihat ke Halaman Asli

Farikhul Izzati

Farikhul Izzati

Memperingati HUT ke-76 RI, Mahasiswa KKN BTV Gresik 2 Menanam 76 Bibit Mangrove

Diperbarui: 24 Agustus 2021   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Pada hari Jum'at, tanggal  20 Agustus 2021 kami dari tim KKN BTV Gresik 2 UM Surabaya melakukan penanaman bibit mangrove sebanyak 76 bibit. Penanaman sebanyak 76 bibit mangrove ini diselaraskan dengan perayaan HUT RI yang ke 76. Penanaman ini dilakukan dipesisir pantai, tepatnya didusun Mulyosari desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Kegiatan penanaman ini berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Kami dari tim KKN BTV Gresik 2 sangat antusias dalam menanam bibit pohon mangrove tersebut dengan berusaha melakukan cara yang tepat menempatkan bibit pohon di tanah berlumpur sesuai arahan yang diberikan. 

Dengan kegiatan ini kami  mendapatkan pengalaman yang melatih kemampuan mengenali bibit pohon mangrove dan area yang tepat untuk pertumbuhan pohon mangrove.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan akan pentingnya kelestarian alam lingkungan pantai dan bagaimana menjaga keseimbangan ekosistem di dalamnya serta mengasah kepedulian terhadap daerah pesisir. Melalui kegiatan penanaman bibit magrove ini kita  diajak untuk dapat melakukan perbaikan dan penjagaan lingkungan sekitar pantai. 

Dengan program penanaman secara langsung dipesisir pantai, diharapkan dapat memupuk rasa percaya diri, kepedulian dan kemampuan bekerjasama yang baik dalam mendukung program peduli lingkungan.

Adapun manfaat yang dapat diambil dari kegiatan penanaman bibit  mangrove ini adalah :
1. Meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya keutuhan ekosistem.
2. Memberikan pengalaman baru pada mahasiswa mengenai tatacara penanaman pohon mangrove
3. Menambah pengetahuan mahasiswa mengenai pengelolaan buah mangrove sebagai sarana pemanfaatan pohon mangrove

Dengan kegiatan tersebut diharapkan pengetahuan di luar bidang keilmuan yang diperoleh para peserta kegiatan penanaman ini dapat membantu usaha pengembangan diri untuk dapat bekerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat juga mengasah rasa peduli terhadap keberlangsungan ekosistem yang seimbang sehingga daerah pesisir dan juga  dapat menjadi hutan mangrove yang subur

Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota kelompok KKN BTV Gresik 2 dan juga bapak Abdul Mughni selaku pengelola budidaya Mangrove serta kader-kader pengelola budidaya mangrove.

Ketua Tim KKN mengatakan, penanaman Mangrove ini adalah aksi peduli terhadap lingkungan dan juga untuk menjaga kelestarian alam khususnya di pesisir pantai. "Ekosistem pesisir harus kita jaga dan lestarikan guna untuk pemenuhan ekologis dan ekonomis," tutur Farikhul.

Menurut Pengelola Budidaya Mangrove, Abdul Mughni menuturkan jika kegiatan penanaman bibit mangrove ini sangat positif sebagai upaya pencegahan abrasi. Semoga penanaman bibit mangrove ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun bisa berlanjut terus menerus. Nantinya, tanaman mangrove tidak hanya dijadikan sebagai hutan saja tapi juga bisa dikelola untuk bahan seperti batik Mangrove dan sebagainya," ungkapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline