Lihat ke Halaman Asli

Farid NidzarAdnan

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan : Mahasiswa Arsitektur dan Teknik Sipil KKN Tim 1 UNDIP berkolaborasi membuat Creative D

Diperbarui: 8 Februari 2023   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Girikikis (08/02/23) – Salah satu tujuan dari 17 poin SDG’s adalah mengenai penanganan limbah industri rumah tangga, yang salah satu programnya meliputi pengelolaan sampah, limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), serta pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Akan tetapi, lingkungan di Kelurahan Girikikis, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri belum memiliki contoh untuk pengoptimalan pengelolaan sampah dan limbah industri rumah tangga yang baik. Disamping itu, kebiasaan masyarakat yang hingga saat ini masih suka membuang sampah sembarangan menjadikan lingkungan di Kelurahan Girikikis tidak terjaga dengan baik.

Data yang ada di lapangan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang membuang sampah pada tempatnya serta kurangnya fasilitas umum yang memadai untuk membuang dan mengolah sampah terutama di lingkungan Kelurahan Girikikis.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Farid Nidzar Adnan (Arsitektur) dan Farid Lanuma Afriadi (Teknik Sipil) melakukan kolaborasi untuk melakukan perencanaan Creative Design TPS dan Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Kegiatan ini dimulai dan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan survey lokasi TPS di beberapa lingkungan Kelurahan Girikikis. Setelah melakukan survey, kemudian koordinasi dan wawancara dengan beberapa masyarakat serta pengurus Kelurahan Girikikis guna menyampaikan ide serta gagasan untuk membuat desain TPS dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Setelah menerima beberapa masukan dan saran, kegiatan perencanaan dilaksanakan dengan memberikan 3 opsi desain dan perhitungan RAB.

img-20230126-wa0010-63e365c7ba21275542437313.jpg

Hasil RAB yang sudah dibuat kemudian dipresentasikan pada tanggal 26 Januari 2023 kepada pihak kelurahan dan mendapatkan respon yang positif. Perhitungan RAB TPS Sementara diharapkan dapat menjadi acuan dalam pertimbangan bahan dan realisasi pembangungannya sehingga akan didapatkan kekuatan struktur bangunan yang baik dengan biaya yang minim. Selanjutnya, output berupa booklet diserahkan kepada pihak kelurahan sebagai arsip dan media pertimbangan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya serta mengembangkan fasilitas, sarana, dan prasarana di Kelurahan Girikikis.

Penulis             : Farid Nidzar Adnan – Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

DPL                   :

  • Satria Aji Imawan, S.I.P., MPA
  • Irawati., SH., M. Hum     
  • Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T

Lokasi             : Kelurahan Girikikis, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline