Lihat ke Halaman Asli

Menggagas Alternatif Desain Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara untuk Kelurahan Girikikis

Diperbarui: 8 Februari 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Girikikis, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri (08/02/23) -- Salah satu masalah yang cukup sering ditemui pada kehidupan sehari-hari ialah mengenai sampah. Jika tidak dilakukan pengelolaan dan pemilahan yang baik, maka sampah akan menimbulkan bencana banjir, polusi udara akibat pembakaran sampah secara sembarangan, dan penyakit yang dapat ditimbulkan akibat sampah yang berserakan. 

Oleh sebab itu, penanganan limbah industri rumah tangga, yang salah satu programnya meliputi pengelolaan sampah, limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), serta pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan harus dilakukan. Akan tetapi, lingkungan di Kelurahan Girikikis, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri belum memiliki tempat pengelolaan ataupun tempat penampungan sampah yang memadai. Selain itu, kebiasaan masyarakat yang sampai saat ini masih membuang sampah secara sembarangan dapat menjadikan lingkungan yang ada di Kelurahan Girikikis tercemar dengan sampah.

Data yang diperolah berdasarkan observasi dan diskusi di lapangan, masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik, serta kurangnya fasilitas pembuangan sampah yang memadai untuk pengolahan ataupun pemilahan sampah khususnya di lingkungan Kelurahan Girikikis.

Melihat kondisi tersebut, Farid Lanuma Afriadi, selaku mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang menggagas perencanaan fasilitas Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara untuk Kelurahan Girikikis.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan survet lokasi Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara di beberapa lingkungan Kelurahan Girikikis. Kemudian, setelah survey telah dilaksanakan, maka diadakan diskusi dan wawancara dengan masyarakat yang ada di lingkungan Kelurahan Girikikis sekaligus menyampaikan ide serta gagasan untuk membuat desain Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara beserta dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Setelah didapatkan beberapa masukan dan saran, kegiatan perencanaan dan desain dilakukan dengan memberikan 3 alternatif desain beserta perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Sumber: Dokpri

Selanjutnya hasil desain dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara yang telah dibuat, dilakukan presentasi kepada pihak kelurahan dan masyarakat di lingkungan Kelurahan Girikikis dan mendapatkan respon yang baik. Diharapkan gagasan ini dapat direalisasikan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Girikikis. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari pengelolaan sampah yang baik ini.

Dokpri

Dokpri


Dokpri

Penulis  : Farid Lanuma Afriadi – Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline