Lihat ke Halaman Asli

Farida Untsa

Mahasiswa Prodi Psikologi UIN Walisongo Semarang

Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 13 Juni 2023   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak yang berusia 0-6 tahun dengan memberikan berbagai rangsangan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar siap melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. PAUD meliputi semua upaya yang ditujukan untuk  perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional anak sejak dini. Tujuan utama dari PAUD adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, merangsang, dan relevan bagi anak-anak dalam rangka membantu mereka mencapai potensi penuh dalam berbagai aspek kehidupan.

Saat seseorang melakukan kegatan pembelajaran tentunya diperlukan konsentrasi guna memahami pembelajaran yang diberikan. Sayangnya, menurut Hurlock anak  usia  dini  hanya mampu berkonsentrasi  selama 10-15 menit, selanjutnya fokus anak akan menurun dan mulai mudah teralihkan. Selain itu pada masa ini kegiatan bermain menjadi kegiatan favorit anak, sehingga tak jarang cukup sulit untuk membuat anak tetap fokus dengan kegiatan pembelajaran. Oleh   karena itu sistem pembelajaran anak usia dini harus dirancang khusus agar anak tetap bisa nyaman dan fokus mengikuti kegiatan pembelajaran, yaitu dengan melalui metode belajar sambil bermain. Dalam  kegiatan belajar sambil bermain pada anak  usia  dini diperlukan perantara atau  yang biasa disebut  dengan  media  pembelajaran.  

Menurut   Khadijah (2016:124) media    adalah segala  sesuatu  yang  dapat  digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga   dapat   merangsang   pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian anak usia dini sedemikian rupa sehingga  proses belajar dapat berjalan dengan maksimal. Media pembelajaran digunakan bertujuan untuk meningkatan kualitas proses kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan disekolah. Selain itu, media pembelajaran juga dapat dijadikan sebagai fasilitas dalam memaksimalkan perkembangan, minat anak dalam bermain, serta meningkatkan efektivitas komunikasi dengan anak. Selain itu terdapat beragam manfaat menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu menyeragamkan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif serta dengan adanya media pembelajaran hal ini juga dapat menumbuhkan pandangan positif anak terhadap materi dan kegiatan pembelajaran.

Media pembelajaran untuk anak usia dini sangat luas, tidak hanya media yang sengaja dirancang dan di desain oleh guru saja akan tetapi benda apapun bisa dijadikan media pembelajaran selagi benda itu memiliki nilai edukasi. Beberapa contoh media pembelajaran sederhana yang sering digunakan dalam pembelajaran anak usia dini adalah

  • Media audio merupakan media pembelajaran yang menggunakan suara untuk menyampaikan informasi, contohnya adalah dengan mendengarkan, menyimak atau mengikuti lagu atau cerita.
  • Media visual merupakan media pembelajaran yang  penyampaian pesannya melalui penglihatan atau visual, contohnya seperti menggambar atau melukis.
  • Media audio visual, yaitu media pembelajaran yang dapat menyempaikan pesan melalui suara dan juga gambar, contohnya adalah film.
  • Media lingkungan, Yaumi (2013:214) menyatakan bahwa media lingkungan adalah lingkungan yang digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini dimana anak-anak  dikenalkan  atau  dibawa kesuatu tempat yang dapat mempengaruhi   pertumbuhan   dan perkembangan    anak. Tempat-tempat tersebut dapat berupa perkebunan, taman-taman sekolah maupun museum.

Dalam proses pembelajaran diharapkan guru atau pengajar dapat mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran guna memaksimalkan pembelajaran anak usia dini. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran hal ini tentu tidak hanya akan membuat anak menjadi  lebih nyaman mengikuti proses pembelajaran, tetapi juga memudahkan para guru untuk lebih mudah mengontrol kelas dan juga anak-anak.

Sumber

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D. N., Jalal, N. M., Ma'arif, M., Suwenti, R., ... & Dewi, N. W. R. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline