Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Celengan untuk Mengajarkan Menabung Sejak Dini di SD Negeri 1 Trosobo

Diperbarui: 10 Agustus 2023   05:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN UNISRI Farida

BOYOLALI- Dalam rangka menumbuhkan kreativitas, pengetahuan dan kedisiplinan anak-anak tentang menabung sejak dini. KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta (salah satu anggota) kelompok 32 melaksanakan kegiatan KKN di Desa Trosobo, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Dengan mengadakan praktek pembuatan celengan dari klongsongan sebagai alat pengenalan menabung sejak dini.

Jum'at, 4 Agustus 2023, penulis melakukan praktek pembuatan celengan pada siswa kelas 4 SD Negeri 1 Trosobo dalam rangka kegiatan KKN.

Pada kegiatan ini Penulis memberikan pemahaman tentang pentingnya menabung dan dilanjutkan membuat celengan sebagai alat menabungnya. Pembuatan celengan ini menggunakan bahan dari kardus klongsongan lalu dilapisi dengan kertas origami. Mereka diberi kesempatan untuk berkreasi dan menghias celengan sesuai dengan kreativitas masing-masing anak. Pada saat pelaksanaan siswa antusias menyambut program tersebut, dan mereka semangat dalam menciptakan celengan sendiri.

Tujuan kegiatan ini yaitu menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan menabung sejak dini, selain itu siswa diharapkan memiliki kebiasaan positif dalam mengelola keuangan secara bijaksana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline