Lihat ke Halaman Asli

Faktor-Faktor Keberhasilan Dakwah

Diperbarui: 3 Juni 2024   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Faktor-Faktor Keberhasilan Dakwah
Oleh: Syamsul Yakin dan Farida Hassanah
Dosen dan Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Faktor Keberhasilan Dakwah mencakup banyak aspek. Misalnya saja penggunaan teknologi dan ketelitian dalam pemilihan pendekatan, strategi dan metode dakwah.

Namun dalam konteks praktik, pengembangan bahasa retoris dakwah juga tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, dalam mengembangkan retorika dakwah baik lisan maupun tulisan, setidaknya harus mengingat tiga hal, yaitu penggunaan bahasa baku, berbasis pengetahuan, dan berbasis penelitian.

Pertama, harus menggunakan bahasa standar terlebih dahulu. Standar bahasanya adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bahasa standar biasanya digunakan di forum resmi.

Di sini hanya perlu diperhatikan bahwa bahasa asing dapat digunakan sebagai pengalih perhatian dalam segala jenis komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan masyarakat. Bahasa gaul atau bahasa daerah terkadang penting dan penting juga untuk dipelajari satu atau dua kali. Tujuannya adalah untuk mendekatkan audiens kepada pembicara dan menggunakan lawakan atau gurauan sebagai ice breaking.

Kedua, informasi transmisi harus berupa data. Informasi adalah fakta mentah. Sedangkan fakta adalah segala sesuatu yang dirasakan oleh indera manusia, ada dan nyata. Data dapat berupa simbol, angka, dan kata.

Berbasis data berarti materi atau topik berdasarkan fakta. Setiap fakta biasanya dapat diverifikasi bersama.

Ketiga, informasi yang disajikan berdasarkan penelitian. Hasil penelitian adalah suatu penelitian yang dimulai dengan mengumpulkan informasi, menganalisisnya, dan menarik kesimpulan. Misalnya saja hasil penelitian mengenai jumlah penduduk Indonesia, rasio laki-laki terhadap perempuan, pendidikan, pendapatan per kapita, dan masih banyak lagi.

Inilah perkembangan bahasa retoris dakwah yang dianggap sebagai salah satu faktor keberhasilan dakwah secara umum, seperti pemanfaatan teknologi dan ketepatan pilihan pendekatan, strategi dakwah dan metode dakwah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline