Lihat ke Halaman Asli

[Review Buku] 100 Hari Melihat Diri

Diperbarui: 21 Januari 2021   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dua belenggu sayap manusia : cinta dunia dan takut mati. Begitulah tulisan sapa dari Mprop Picoez al-Jingini pada awal bukunya disertai tanda tangan diatasnya. Sebuah buku bacaan dengan bahasa ringan seputar refleksi diri tentang kehidupan sehari-hari yang diceritakan saat ia ngobrol dengan tanaman-tanaman yang ada di rumahnya, berisi penggalan kisah dan pengalaman hidupnya yang mengandung pembelajaran serta selipan-selipan pesan yang dikemas didalamnya. Buku terbitan Diva Press pada Mei 2020 ini memiliki 239 halaman. Mari simak kupasan review berikut ini :

dokpri

Judul

Buku ini memiliki judul 100 HARI MELIHAT DIRI. Menurutku, dari judulnya saja sudah mengecoh. Bagaimana tidak? jika kita tidak memperhatikannya dengan detail maka ketika kita mulai melihat daftar isinya kita akan merasa tertipu karena didalamnya hanya ada 40 hari saja. Apakah penulisnya memang punya niat benar-benar menipu? Saya husnudzon saja, tidak. Bagi saya ini malah terlihat unik karena dsudut sampul tertulis diskon 60 hari. Yang artinya 100 hari diskon 60 hari menjadi hanya 40 hari saja. Genius!

Isi

Seperti yang tertera pada halaman sampul dan sesuai judul, buku ini memiliki 40 bab yang tiap bab nya dihitung sebagai Hari Ke-1, Hari Ke-2, dan seterusnya hingga Hari Ke-40. Pada tiap harinya berisikan sebuah cerita tentang refleksi diri yang digambarkan oleh sang penulis melalui percakapannya dengan tanaman. Di akhir cerita juga penulis menuliskan sebagian besar inti dari pelajaran yang terdapat pada cerita tersebut dengan gaya petikan seperti sebuah quotes yang disusun dengan apik. Dari hari Ke-1 sampai Hari Ke-40 semuanya sangat relate dengan kehidupan dan kejadian sehari-hari sehingga pada saat membacanya pun kita bisa langsung dengan mudah mengerti maksud dari pesan yang disampaikan. Selain itu gaya bahasa yang digunakan juga santai. Beberapa kali dalam tulisannya sang penulis menyematkan kata-kata berbahasa jawa sehari-hari. Jadi, jika kamu adalah calon pembaca dan juga orang jawa, kamu pasti akan sangat menikmati buku ini.

dokpri

Rate

Melihat dari sampul, judul, dan isi yang ada di dalamnya maka dari artikel ini saya menyimpulkan bahwa buku yang ditulis oleh Mprop Picoez al-Jingini yang memiliki nama asli Agus Affianto ini sangat worth to read. Mungkin jika diberi rate dari 1-5 maka buku ini memiliki rating 4,5.

Sekian review yang bisa saya tuliskan. Apabila tertarik untuk membaca buku ini kalian dapat mengunjungi bookstore terdekat atau bisa juga mengunjungi situs-situs belanja online kepercayaan kalian. Salam Literasi!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline