Lihat ke Halaman Asli

Ciptakan Kemampuan Anak Usia Dini

Diperbarui: 27 Februari 2017   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kemampuan adalah bakat atau kelebihan yang ada pada diri setiap manusia, setiap manusia pun mempunyai bakat yang berbeda-beda untuk memecahkan suatu masalah. Ada tujuh dimensi yang dapat membentuk kemampuan adalah:

Kecerdasan angka

Pemahaman verbal

Kecepatan persepsi

Penalaran induktif

Penalaran deduktif

Visualisasi social

Bicara tentang kemampuan anak, di usia dini baik untuk membentuk bakat atau kemampuan yang dimiliki anak. Karna di usia seperti itulah anak dapat mudah menerima hal-hal baru dari orang tua, guru, atau seseorang yang disekitarnya. Maka dari itu contohkan sikap –sikap atau perilakiu yang baik terhadap anak-anak kita, secara tidak langsung anak meniru.

Agar kemampuan anak tumbuh menjadi yang di inginkan, orang tua pun juga harus bisa dapat membimbing dengan baik, mengerti kelebihan dan kekurangan setiap anak berbeda-beda. Hindarilah sikap penekanan terhadap anak, seperti halnya:

a. Jangan membandingkan dengan yang lain

Sebaiknya apa pun usaha anak harus kita hargai, agar anak selalu semangat dalam usahanya. Jangan pernah membandingkan kemampuannya dengan yang lain, karna membuat anak menjadi minder dengan apa yang telah di usahakannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline