Lihat ke Halaman Asli

Sweater Keramat Joachim Low dan Kebiasaannya Mengupil

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13395015801370517581

Sweater Keramat Joachim Low

Di tengah seru dan tegangnya mengikuti tim jagoan kita di Piala Eropa 2012, dan juga ditengah perbincangan seputar perdamaian PSSI dan KPSI, yang ternyata masih menyisakan tarik ulur kepentingan yang bakal terjadi, saya mau share tulisan yang ringan-ringan saja deh. Ini tentang serba-serbi Piala Eropa, yang mungkin tak pernah kita pikirkan. Jika kita bicara tim negara yang mengikuti Piala Eropa, pasti kita akan terpikir sejarah keikutsertaannya dan skuad tim yang dibawa sekarang. Jika kita bicara tentang salah seorang bintang atau pelatih bola, pasti kita akan terpikir prestasinya selama karirnya dalam persepakbolaan.

Barusan perhatian saya tertumbuk pada judul berita di SuperSoccer.co.id yang membuat saya tersenyum-senyum sendiri, namun karena saya tak tahan, saya pun tertawa ngakak ............ hahahaha.

Ini tentang pelatih negara yang sebenarnya cukup saya jagokan. Siapa lagi kalau bukan Joachim Low, sang pelatih Jerman, yang menurut saya sebenarnya berpenampilan cukup sederhana. Anda tentu masih ingat penampilannya pada Piala Dunia 2010. Di saat pelatih yang lain berpenampilan necis pakai jas dan dasi, Joachim Low malah tampil cukup dengan sweaternya. Sederhana bukan?

Tapi tunggu dulu, ternyata sweater itu bukan sweater sembarangan. Kebiasaannya menggunakan sweater ternyata punya arti. Ya, sweater tersebut adalah sweater keberuntungan. Waktu itu, bahkan  sejumlah pemain Jerman meminta supaya Loew tidak mencuci sweater tersebut. Sweater itu dianggap membawa keberuntungan setelah Loew tidak memakainya ketika dikalahkan Serbia di fase grup. Bahkan, mitos itu menular kepada asisten pelatih Hansi Flick yang turut memakai sweater serupa di beberapa pertandingan. Namun, keberuntungan sweater ini terhenti saat dikalahkan Spanyol di babak semifinal.

Nah, kabarnya sweater tersebut kini sudah berada di museum Federasi Sepakbola Jerman (DFB). “Itu adalah ide yang bagus. Sweater ini membawa kenangan tak terlupakan dalam Piala Dunia di Afrika Selatan lalu yang merupakan masa luar biasa bagi jutaan fans, pemain kami dan jajaran pelatih,” ungkap Loew dilansir Reuters.

Hehehe ............... ternyata orang barat yang katanya sekuler dan rasional ternyata masih percaya barang keramat yang membawa keberuntungan. Belum lagi dengan adanya Paul si gurita yang "jago meramal" itu. Entah apakah orang Jerman percaya betul atau sekedar buat seru-seruan saja.

Tapi yang jelas, tampaknya sekarang Joachim Low tak lagi memakai sweaternya. Setidaknya mungkin ada sweater pengganti, untuk mengganti sweater yang sekarang sudah dimusiumkan itu. Ini terlihat dalam pertandingan Jerman melawan Portugal kemarin. Tampak ia tak lagi memakai sweater, melainkan memakai kemeja putih.

Joachim Low Tertangkap Kamera Lagi Ngupil

[caption id="attachment_187548" align="aligncenter" width="392" caption="Joachim Ketangkep Kamera Low Lagi Ngupil (sumber: brenandez.blogspot.com) "][/caption]

Nah, ini yang membuat saya ketawa ngakak. Low sepertinya bukan tipe orang yang menyadari betapa pentingnya menjaga image di depan publik, termasuk saat duduk di bangku cadangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline