Lihat ke Halaman Asli

Farid Arif

Freelance

SIAPkerja: New Branding Digitalisasi Layanan Ketenagakerjaan

Diperbarui: 28 Juni 2022   04:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Brand profile / SIAPkerja

Sejak terbitnya Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) maka saat itu pula proses tata kelola pemerintahan di Indonesia (governance) mengalami perubahan dari pola konvensional bergeser menuju ke sistem digitalisasi, aktivitas pemerintahan ini lambat laun berubah meskipun sebagian besar masih bertahan dengan sistem yang lama karena belum didukung kesiapan infrastruktur teknologi Informasi yang belum tersedia, terutama pemerintahan kab/kota serta provinsi di daerah.

Hal ini mendorong semua Instansi pusat dan daerah maupun swasta dan semua stakeholder harus mampu melakukan transformasi sebab perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat mendorong kesiapan perangkat infrastruktur dan sistem informasi yang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dengan adanya implementasi layanan digitalisasi secara utuh.

Sistem Informasi  dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan atau disingkat SIAPkerja merupakan platform baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI adalah sebuah platform berbasis digital dengan mengusung hastage #SemuaBisaKerja! yang didesain oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan diharapkan mampu menjadi konektivitas antara pengguna dan penyedia layanan ketenagakerjaan di Indonesia, platform ini merupakan rebranding dari layanan sebelumnya yakni Sistem Informasi Layanan Ketengakerjaan (Sisnaker) yang telah digunakan sejak tahun 2018.

Kehadiran platform ini menyajikan sekitar 21 layanan pada sektor ketenagakerjaan yang bisa diakses melalui https://siapkerja.kemnaker.go.id mulai dari pelatihan, sertifikasi profesi, Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan (WLKP), Karirhub yang merupakan layanan untuk mencari pekerjaan, Bizhub yakni layanan untuk memfasilitasi tenaga kerja mandiri, dan skillhub merupakan sebuah layanan yang dapat meningkatkan kompotensi dengan mengikuti pelatihan yang tersedia di Balai Latihan Kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, selain itu masih ada beberapa layanan unggulan yang terdapat dalam platform ini sebagai bentuk penyediaan fasilitas layanan berbasis digital pada sektor ketenagakerjaan.

Dalam meningkatkan layanan tenaga kerja baik dalam negeri maupun luar negeri melalui platform ini diharapkan mampu melakukan link and match guna meningkatkan responsif masyarakat dalam memanfaatkan platform ini sebagai media yang dapat memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan memanfaatkan layanan atau tools yang telah disediakan.

Kemudahan ini memberikan impact yang sangat signifikan, sebab banyak layanan yang tersebar dibeberapa platform belum dapat memenuhi kebutuhan atau standar yang diinginkan para pencari dan penyediaan layanan itu sendiri. ketenagakerjaan merupakan salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari pandemi covid-19 terutama dampak pengangguran, oleh karena itu dengan adanya platform ini mampu menjadi solusi karena perubahan kebijakan pada perusahaan -- perusahaan yang menggunakan sistem digitalisasi secara menyeluruh, saatnya kolaborasi pemerintahan dan pihak swasta menciptakan teknologi terkini, mudah dan terjangkau oleh siapapun, hadirnya platform SIAPkerja akan menjawab keresahan para pencari kerja dan mendapat jaminan untuk terus menerus mengupdate kompotensi dirinya agar dapat dengan mudah berdaptasi dengan lingkungan kerja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline