Lihat ke Halaman Asli

Menggila Bersama Avanza

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1388791527754543494

Entah bagaimana sejarahnya dahulu kami bisa menjadi sahabat yang kental di masa kecil, tepatnya ketika SMP saat kami masih jelek, lugu dan mungkin masih ingusan, sayangnya kami tak punya foto kenangan masa lalu itu. Namun setelah lulus SMP kami semua berpisah, memilih sekolah masing-masing dan persahabatan kami hanya melalui pesan-pesan singkat.

Setelah 8 tahun berpisah, tiba-tiba suatu malam pesan singkat dari sahabat saya paling jauh Sumatra masuk ke handphone saya

“posisi dimana?” saya jawab aja

“di kos”

“alamatnyamana?” lalu sayapun mengetikkan alamat kos dan tiba-tiba kabar mengejutkan datang

“Aku lagi di Yogyakarta, ayo siap-siap 10 menit lagi mubin kesana jemput kamu, kita pergi ke rembang malam ini?”

Tanpa pikir panjang aku pun memasukan beberapa lembar baju ganti ke dalam tas bersiap-siap. Tak lama kemudian suara mobil berhenti tepat di depan kos dan sms pun masuk ke handphone saya dari salah seorang sahabat saya yang lain bernama mubin datang untuk menjemput ku.

“Aku didepan mobil Avanza , ayoo mangkaat” aku lihat teman lelakiku berambut panjang itu melambaikan tangan dari dalam mobil Avanza Aku langsung mengahampirinya dan membuka pintu lalu masuk kedalam Mobil Avanza dengan perasaan gembira dan ceria. "Mubiiiiiinnn, ih muji lagi ke jogja yaaaa?? kapan dia datang?? mau dijogja berapa hari?? mana anaknya?" aku histeris menghujaninya dengan berbagi pertanyaan lalu aku menoleh ke kursi-kursi bagian belakang dan, betapa terkejutnya aku! kenapa seluruh isi mobil ini semua pria berambut gondrong seperti mubin, spontan aku diam lalu memperbaiki posisi dudukku dan diam. Pikiranku melayang bersama imaginasi liarku "Ya tuhan, benarkan ini yang sedang menyetir mobil Avanza adalah temanku mubin, atau jangan-janagan aku salah orang dan akan diculik??" Rasa-rasanya aku ingin mengetik pesan kepada temanku yang lain menanyakan hal ini tapi aku terlalau takut karena di jok belakangku banyak sekali pria berambut panjang dengan tampang mengerikan. Aku berusaha melihat wajahnya memastikan dia adalah temanku, Mubin juga aneh kenapa dia diam saja..... gubrak! aku gaket sekali mubin tiba-tiba bicara dan membuyarkan lamunanku "Aku tak ngeterke cah-cah iki sik yaaa..., mampir kosku dulu ambil barangku" jelasnya "ohh iya..iya..." aku hanya bisa mengiyakan "Ini lhoo cah, ini tu senior kalian lhooo, kok pada dim semua.." Mubin berusaha memecahkan kesunyian di dalam Mobil Avanza dengan mengenalkanku pada teman-temannya, Mubin memang teman sebayaku, namun ia masuk kuliah baru beberapa tahun setelah kelulusannya maka tak heran ia menjadi adik kelasku karena kebetulan ia juga kuliah satu jurusan denganku. "oya? pada kuliah di Komunikasi ni..? kucoba menyambut ramah.. "iya mbak , masa gak pernah lihat aku..." seorang dibelakang menjawabku dengan logat ngapaknya, sontak grrrrrrr seluruh isi mobil menertawakan. Cair lah suasana yang tadinya mencekam menjadi canda-canda yang menggelikan. Ternyata mereka tak ngeri seperti yang kubayangkan justru sangat baik dan ramah serta humoris. Tak lama kemudian sampai di kos Mubin semua teman-temannya turun dan ia hanya mengambil jaz yang ia fungsikan untuk jaket dan mengambil satu tas kecil berisi peralatan mandi. Dengan hanya memakai sarung (layaknya anak pesantren) peci hitam diatas rambut gonrongnya dan sandal jepit hitam ia mulai menyetir mobil Avanza melaju.. "Mubin, kita mau ke rembang kapan?? pagi atau malam ini" "malam ini laaah,.." jawabnya "gapapa nih perjalanan malam-malam gini daaaaaaan kamu beneran pake sarung??" aku berusaha meyakinkannya. Belum sempat ia jawab kita sudah sampai di kontrankan temanku yang lain Wawan, disinilah geng kami yang lain berkumpul. Begitu turun mobil kita langsung histeris rame dan cerita-cerita banyak sekali.

Teman ku yang jauh dari Sumatra datang ke Jawa adalah Muji Nurdianto, dulu waktu masih SMP dia hanyalah anak yang pendiam dan pemalu tapi sekarang ia sudah menjadi Dokter.

Dalam perjalanan kami mengenang masa lalu ini dia selaku sopir utama Avanza, mobil yang kami gunakan, sifatnya sangat baik, rapi sekali orangnya dan sangat tertib lalu lintas paling rajin ngomelin kita kalo tidak menggunakan sabuk pengaman dalam mobil. Yang paling penting dialah yang mendanai semua kebutuhan perjalanan ini sengaja datang ke Yogyakarta ditengah kesibukannya menjadi Dokter muda, untuk bergila-gila an bersama kami. Tak ada yang menyangka ia menjadi Dokter karena dulunya dia adalah anak yang sangat pendiam dan tidak populer.

13887917011978563991

Adalagi Wawan namanya, teman laki-lakiku yang sangat sibuk ingin menguruskan badannya, dulu dia hanya anak laki-laki biasa tapi kini ia sudah bekerja di sebuah bank nasional. Tak terbayang deh teman kecilku yang dulu sangat rese ini sekarang menjadi orang penting di sebuah Bank Nasional di Indonesia Tapi yang paling lucu dia selalu merajuk pada siapapun untuk dicarikan seorang pacar ataupun calon istri untuk menemani hidupnya, orangnya lucu sih penyanyang dan baik hati kok aslinya hehhee

13887919741265093263

Satu lagi yang paling cantik dan menjadi idola semua laki-laki kala SMP dulu adalah Fani gadis cantik asal Blora yang kini menjadi seorang Dosen Muda di Daerahnya. Fani juga satu-satunya sahabat sejatiku yang masih terus dan selamanya menjadi sahabatku sampai saat ini. Meski jarak memisahkan kita, tapi ia selalu ada waktu untuk mendengarkanku untuk berbagi apa saja kala sedih maupun bahagia.

13887922461164675926

Satu lagi teman yang cukup nyeleneh adalah Mubin, anak yang menjemputku tadi berambut gerondong yang menyandang gelar mahasiswa abadi hehee. di kampus ia adalah seoarang Ketua sebuah Organisasi kemahasiswaan yang selalu memperjuangkan hak-hak mahasiswa, penyeimbang kebijakan-kebijakan kampus yang kadang tidak adil bagi mahasiswa. Wah pokoknya dia adalah teman yang memiliki rasa peduli yang sangat dalam.

1388800335870562064

Hei, gak ada yang pengen tau masa lalu saya? sipenulis blog ini? hehehe kalau saya dahulu adalah aktifis pramuka yang aktif sekali, karir saya di OSIS juga membuat saya sangat terkenal *byuhnarsisakut. Sekarang saya bekerja disebuah media yaitu di Radio di Yogyakarta. Wes pokoknya saya adalah anak yang paling cerewt diantara teman-teman saya diatas Setelah beberapa menit kami pun masuk ke Mobil Avanza satu persatu dan berangkat menuju kota Rembang, dimana kami dahulu bersekolah, yaah ceritanya mengenang masalalu.

1388792618756861478

"Bismillahirrahmanirrrrrraaaaahiiiimmm" kami berdoa bersama sebelum melakukan perjalanan Yogyakarta-Rembang malam hari mengendarai Mobil Avanza dan Muji sebagai sopirnya. Kalo dirasa-rasakan ini mobil nampaknya baru, hmm dan memang betul sekali, Mubin Wawan dan Muji menyewanya dari Rental Mobil di Yogyakarta Mobil Avanza . Kendaraan Mobil Avanza ini menjadi fokus dalam penyediaan kendaraan untuk penyewaan dan banyak diminati para penyewa mobil karena irit bahan bakar dan mampu memuat penumpang dalam jumlah banyak, supaya nyaman untuk liburan colongan ini hehehe... Kami melalui jalan yang sedikit berbeda melainkan mencari jalan alternatif menuju rembang. Tentunya bukan jalan Raya besar yang biasa orang lewati, kami melewati jalan-jalan yang agak berlubang dan berbatu karena melewati daerah-daerah pedesaan.

1388797383184114821

Namun dengan menggunakan Mobil Avanza ini kami cukup aman dan nyaman meski kita melakukan perjalanan malam hari karena mobil Avanza cukup luas dan tidak membuat kaki pegel, tempat duduknya pun nyaman untuk berlama-lama didalam mobil

1388797914433325169

Karena perjalanan malam hari, wajar sekali jika dalam perjalanan, kami yang perempuan yaitu aku dan Fani merasa mengantuk, menggunakan mobil Avanza ini kami pun bisa tidur dengan nyenyak karena Mobil Avanza dilengkapi dengan fitur Sliding Seat & One Touch Tumble Feature, ini sangat membantu kami untuk memaju-memundurkan kursi baris kedua 60 mm kebelakang dimana kami duduk atau kalo bisa melipatnya untuk mendapatkan ruang yang lebih lapang tapi tidak mungkinlah kita begini karena kami berenam perginya jadi cukup begitu saja. Yah biar para lelaki saja yang melek berjaga selama perjalanan toh mereka juga ingin menghabiskan waktu mengobrol apa saja khas laki-laki yang gila-gila. Kami tidur nyenyak dengan memundurkan tempat duduk kami kebelakang wah nyaman sekali. Hikz, para lelaki agak sedikit protes sih... "woi, kok pada tidur gak nemenin aku nyopir nanti aku ngantuk lhooo...!!!"

1388798554221161092

Wah saya sih percaya, percaya aja, teman laki-laki kami cukup mahir dalam mengendarai mobil, apalagi mobil Avanza sangat bersahabat untuk berkendara malam hari karena dilengkapi dengan New Combination Meter dengan Digital LCD jadi yang jadi sopir cukup nyaman untuk memantau kecepatan berkendara

1388799080218862895

Tidak cuma itu dengan Automatic Transmissionya Avanza juga cukup membuat Sopir kami hehehe alias teman kami yang menyupir merasa nyaman dan tidak terlalu capek meski perjalanan jauh.

1388799347303233046

Tapi, namaknya saya dan fani merasa sayang jika melewatkan perjalanan malam ini dengan tidur akhirnya kami bangun dan bergabung ngerumpi bercanda dan bercerita banyak hal di dalam mobil Avanza. Sampai malam sudah larut sekali agar kami semua tidak mengantuk kami mulai menyalakan musik dari depan gila-gilaan berkaraoke menyanyi bersama, mulai dari lagu Sheilla On7 Sahabatsejati sampai dangdut komplo, sara kami yang begitu rame dan berisik sesekali membuat pengendara lain yang sempat melewati atau berada disamping kami menoleh melihat penasaran "kok rame banget" mungkin kami dikira orang mabuk, tapi terserahlah kami memang sedang gila-gilaan bersama.

13887998421364823283

Habis nyanyi, teriak-teriak bersama tak heran jika tenggorokan kami kering. Nah saatnya untuk minum dan menyegarkan tenggorokan supaya masih tetap semangat begadang, yah masa muda begadang sesekali tak masalahkan?? kamipun sudah menyediakan minuman dimasing-masing tempat duduk di mobil Avanza ini. Semua berkat Fitur Bottle Holder dan Multi Storage . Bottle holder dan rak penyimpanan pada mobil Avanza kami yang tersebar di banyak tempat, mampu menampung banyak minuman botol tanpa takut tumpah. Jadi kami tidak harus bersusah-susah mengambil bekal minuman dibelakang.

1388800902943213605

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat melewatinya dengan candaan-candaan dan tingkah gila kami dalam mobil Avanza, Adzan subuhpun berkumandang dan kita mencari mushola terdekat yang kami lalui, ketemulah musholla kecil pinggil jalan. Kami cukup binggung untuk memasukkan mobil dan memarkirkan mobil di sekitar musholla karena ruang dan lahan yang cukup sempit. Tapi sopir kami alias teman kami cukup mahir mengendalikan Avanza tunggangan kami karena Avanza dilengkapi dengan Parking Sensor yang akan memberikan  peringatan jika objek belakang mobil sudah dekat. Ini sangat berguna jika kami sedang memarkir mobil dengan posisi mundur kebelakang. Jadi gak usah takut ketabrak-tabrak yah

13888014211205949309

Setelah selesai sholat subuh dan sejenak meluruskan otot-otot kami melanjutkan perjalanan lagi yang tidak lama lagi akan sampai Rembang. Sejak berangkat dari Yogyakarta kami belum isi bensin lagi karena mobil avanza yang kami kendarai sudah dilengapi EPS (Electric Power Streering) yang mampu membuat sopir nyaman sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jadi tidak heran jika perjalanan kami ini sangat santai dan menyenangkan.

1388801980161082423

Satu jam kemudian kami sampai di Kota Rembang, namun sebelum kita pergi ke Sekolahan SMP kami dulu, kami akan transit dulu di Rumah Wawan, kebetulan ia satu-satunya teman kami yang asli Rembang. Sesampai dirumah wawan kami turun dan menurunkan barang-barang bawaan kami yang semuanya kami letakkan dibagian belakang mobil. Wah, tempat yang cukup luas ternyata mampu menampung barang-barang kami semua. Ya, inilah enaknya pakai mobil avanza untuk liburan dan rame-rame. Setelah semua siap, kamipun berangkat ke sekolah SMP dahulu kami, duh rasanya deg-degan. Sesampai di SMP yang wilayahnya sangat luas dan besar (maklum sekolah kami ditengah desa) kami tidak mungkin memarkin mobil diluar. karena jalan masuknya cukup jauh dan disekolahan kami memang tak ada area parkir khusus mobil karena saking luasnya kalopun ada mobil mau ditaruh mana saja akan cukup. Akhirnya kami masuk area sekolahan kami menggunakan mobil dan langsung menuju ke kantin andalan kami dulu. Cukup mencuri perhatian sih, karena tak ada satupun guru di sekolahan ini menggunakan mobil, mereka masih menggunakan sepeda mentok paling tinggi adalah sepeda motor, jadi ketika kami melintas dan turun dari mobil semua para siswa yang ada matanya tertuju pada kami.

1388804084442816474

Bukan langsung silaturrahmi ke Ruang guru tapi kami justru mengunjungi Ibu dan Pak Ali Kantin dimana dahulu kami sering habiskan waktu jam kosong disini, habis olahraga nongkrongnya dikantin, mbolos pelajaran juga nongrongnya dikantin. Meskipun kami sudah sarapan tapi begitu melihat beberapa makanan yang jaman dahulu kami makan, masih ada saat itu kami langsung mengembatnya habis. Wah suasana kantin juga menjadi sedikit rame dan aneh karena kedatangan kami. Wah pokoknya seru habis! Moment yang sangat tak terlupakan dan sangat langka kami dapatkan. Setelah puas bercanda dan membuat suasana kantin geger kamipun mulai masuk keruang guru sebelum waktu istirahat habis dan kembali mengajar diruang kelas. Wah betapa malunya bertemu dengan guru-guru kami dulu, mereka mengingat kami dengan ingatan-ingatan unik mereka. baru setelah itu kami jalan-jalan mengelilingi sekolahan kami yang masih sangat luas itu.

13888047981657952227

Gambar pertama diatas adalah sebagian sudut sekolah yang sangat luas, bahkan dibelakang sekolah kami (gambar no dua) masih ada lahan tanah yang sangat luas biasanya digunakan tanah perkemahan jika pramuka dan dibelakangnya lagi ada beberapa kebun yang sangat luas lagi.  Gambar ketiga diatas adalah masjid dari sekolahan kami yang dahulu kami sellau melaksanakan sholat berjamaah disini. Masjid sekolahan ini juga membawa anganku 8 tahun silam saat SMP aku tinggal dipesantren didekat sekolahan ini dan setiap kali Bapakku menjenguk Bapak selalu mengajakku duduk dimasjid ini untuk bercerita, membuka bekal makanan bawaan ibuku dari rumah dan menerima uang saku dari Bapakku. Ahhh berjuta kenangan pokoknya!

1388805182701812636

Setelah puas mengenang masa-masa SMP disekolah ini kamipun melanjutkan jalan-jalan ke pantai kartini Rembang dan beberapa tempat rekreasi didalam pantai. Melaju menggunakan mobil Avanza sewaan kami. Dalam perjalanan kami tertawa terbahak-bahak mengingat herannya wajah adik-adik kelas kita yang melihat kami datang menggunakan mobil keren. Pasti mereka membayangkan kami sudah sukses sekali sampai datang bawa mobil padahal ini adalah mobil sewaan hahahahhaaaa.... Wah tak apalah bagaimanapun kami bisa sampai disekolahan SMP berkat mobil Avanza yang sangat nyaman diajak jalan-jalan. Obrolan kita yang tidak mutu itu bermuara pada keseriusan Muji teman kami yang sudah jadi Dokter itu menginginkan untuk membeli mobil Avanza seperti ini. Bayangannya simple jika dia punya mobil sendiri dari Sumatra kalo pengen main ke Jgjaj dan jalan-jalan kan jadi tidak harus merental mobil, bisa menggunkan mobil Avanza miliknya sendiri. Akupun menanggapinya dengan serius, langsung aku semangat mencarikan informasi list harga mobil Avanza melalui smartphone ku dan menunjukkannya padanya.

13888059312007700586

Tujuannya sih supaya ada gambaran harga saja, siapa tau dia sungguh akan membeli mobil, temanku yang dari sumatra itu juga sudah cukup kaya dan mapan jadi tak ada alasan kan untuk menunda memiliki kendaraan keluarga?? Mobil Avanza menjadi pilihan yang tepat. Saya sendiripun jika ada keluarga yang ingin bepergian jauh kami memilih mobil Avanza untuk sewanya selain mobilnya cukup untuk satu keluarga tempat duduk yang nyaman harga sewanya pun sangat bersahabat. Setelah seharian menggila bersama-sama, kamipun kembali ke Yogyakarta dan tempat masing-masing kami bekerja. Muji kembali ke Sumatra memalui bandara Adi Sucipto, baru setelah itu wawan kembali ke Boyolali karena ia bekerja disana, Fani juga kembali ke Blora untuk mengajar, terakhir aku dan Mubin tetap di Yogyakarta karena aku bekerja di Yogyakarta dan Mubin masih senang dikampusnya. Menggila bersama Avanza, menjadi moment paling mendadak, paling indah dan tak terlupakan bagi kami. Semoga ditengah kesibukan kami masing-masing suatu saat Muji datang lagi ke Yogyakarta membawa mobil Avanzanya dan kita bisa menggila lagi bersama. Sumber Referensi: http://www.toyota.astra.co.id/product/avanza/#price-and-specifications http://www.oto.co.id/



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline