Lihat ke Halaman Asli

FARICA RAISA VANIA

Mahasiswa/UPN "Veteran" Jawa Timur

Magang pada Bagian Quality Control (QC) Produksi Karung Plastik di PT Gunawan Fajar

Diperbarui: 20 November 2023   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

PT. Gunawan Fajar merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi karung plastik, sling bag, dan jumbo bag, yang terletak di Nganjuk, Jawa Timur. PT. Gunawan Fajar sudah bersertifikat ISO 9001:2015 tentang manajemen mutu dan tersertifikasi HACCP tentang manajemen pasar. Bahan baku utama yang digunakan yaitu biji plastik atau sering disebut polypropylene dan bahan pewarna atau coloring masterbatch. Bahan baku akan diolah dengan mesin dan melewati beberapa tahap yang sesuai dengan standar perusahaan.

Salah satu mahasiswa magang asal UPN Veteran Jawa Timur, Program Studi Teknik Industri, ditempatkan pada bagian Quality Control atau biasa disebut dengan QC. Selama total 5 bulan melaksanakan program magang, mahasiswa mendapatkan tugas dari pembimbing lapangan sebagai menganalisa penyebab kecacatan produksi, mengendalikan mutu produk sesuai dengan standar perusahaan, menganalisis bahan-bahan yang datang demi menjaga kesesuaian antara bahan yang datang dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan, serta inspektor lapangan yang bertugas menganalisis produk selama proses produksi secara berkala. 

Selama melaksanakan magang terdapat temuan lapangan yaitu produk cacat. Produk cacat dibedakan menjadi dua yaitu dari internal dan eksternal. Produk cacat internal berupa rajutan karung tidak rapi, benang mudah putus dan warna print tidak sesuai. Untuk meminimalkan produk cacat perusahaan telah menerapkan beberapa hal seperti pengecekan suhu oven secara berkala, membersihkan mesin label secara berkala dan lebih berhati-hati dalam pengoperasian forklift. Produk cacat eksternal berupa produk retur dari pelanggan seperti tulisan pada produk salah dan plastik pada karung sobek. 

Untuk meminimalkan banyaknya biaya penanganan produk retur, perusahaan menerapkan pengiriman sample produk terlebih dahulu kepada customer. Perusahaan juga melakukan peningkatan kinerja karyawan pada bagian seleksi karung woven baru maupun produk jadi. Langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan dirasa sudah efektif untuk meminimalkan biaya penanganan produk cacat dan untuk menjaga kualitas produk sebelum sampai ke tangan konsumen.

Kepo sama subjek yang dibahas? Yuk kunjungi laman https://gunawanfajar.com/ dan https://www.upnjatim.ac.id/

Stay tune di https://www.kompasiana.com/faricaraisavania6222 untuk update berita selanjutnya.

(Penulis: Farica Raisa Vania, Mahasiswa Teknik Industri UPNVJT)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline