Lihat ke Halaman Asli

Tips Berdialog dengan Al Quran

Diperbarui: 22 April 2018   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: Republika/Tahta Aidilla

Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

            Sebagai umat islam tentunya sangat identik dengan kata Al-Quran, ya tentu! Karena Al-Quran adalah kitab sucinya. Dan Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan oleh malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari yang diawali dengan surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan surah An-Nas, dan bagi pembacanya akan bernilai ibadah dan pahala.

            Al-Quran diturunkan dengan menggunakan bahasa arab, itu sebabnya kita sebagai muslim Indonesia sedikit kesulitan awalnya untuk mempelajari Al-Quran. Maka dari itu kita sebagai muslim wajib untuk mempelajari Al-Quran sejak dini, sangat diwajibkan pula. Karena akan banyak sekali manfaat untuk mempelajari Al-Quran. Agar kita semakin lacar dalam membacanya karena dengan menggunakan bahasa arab.

            Al-Quran adalah sebagai pedoman hidup orang muslim dimanapun, yang pasti dalam Al-Quran banyak sekali pesan-pesan untuk kehidupan, solusi dari segala bentuk masalah, kisah masa lalu, cerita perang, kandungan semua ilmu, serta masih banyak lagi.

Ada beberapa tips untuk berdialog dengan Al-Quran, anatara lain :

Mempelajari Al-Quran dari dasar, tentang pengenalan huruf hijaiyah dan tentang kaidah-kaidah hurufnya.

Belajar membacanya secara berulang-ulang.

Membacanya dengan santai, jangan terlalu cepat atau lambat.

Belajar dengan menggunakan audio, karena terkadang orang akan lebih mudah menangkapnya dengan mendengarkan serta dengan melafalkanya. Seperti mendengarkan murottal ayat-ayat Al-Quran.

Mengamalkan dengan membaca dan memahami artinya

Tentunya masih banyak tips lagi untuk berdialog dengan Al-Quran, pada masa ini banyak sekali seperti cara untuk mempelajari Al-Quran atau melancarkanya, baru-baru ini ada ODOJ (One Day One Juz) untuk orang yang sudah mahir membaca Al-Quran, One Day One Ayat, untu yang belum lancar agar tetap istiqomah membaca dan mengamalkan Al-Quran, dan yang lainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline