Lihat ke Halaman Asli

Farhan Maulana

mahasiswa teknik UNTIRTA

Situs Batu Lingga Tempat Pertarungan Sultan Hasanuddin dan Pucuk Umun

Diperbarui: 7 Februari 2023   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kolaborasi Mahasiswa Kkm Tematik Kelompok 63 Untirta 2023 upaya Pengembangan "Situs Batu Lingga"

Indonesia merupakan negara dengan beragam suku bangsa dan budaya. Terdapat berbagai jenis peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi. Salah satu peninggalan sejarah terletak di Serang, Banten.

Banten memiliki banyak peninggalan sejarah yang dijadikan cagar budaya. Situs Batu Lingga salah satunya, tempat bersejarah yang terletak di Kampung Batu Lingga, Desa Sidamukti, Kecamatan Baros Serang, Banten.

Situs Batu lingga yang berada di kawasan pesawahan dengan batas batas akses menuju situs jalan baros -- petir serta kampung Batu Lingga, sebelah timur berbatasan dengan pesawahan dan Sungai Cipari.

Batu situs cagar budaya ini mempunyai jenis jenis batu yang menurut hasil penelitian dari tim ahli cagar budaya bahwa batu ini berasal dari jaman pra-sejarah dan batu tersebut berasal dari bongkahan/lempengan lahar sisa dari letusan gunung purba yang membeku dan mengeras alami karena faktor alam dan masa.

Situs Batu lingga ini terdiri dari tujuh buah batu yang berdiri menancap di atas permukaan bumi dengan kisaran tinggi 1,5 -- 2 meter, batu ini memiliki bentuk seperti patok yang menancap.

Situs Batu lingga ini memiliki beberapa sejarah yang belum orang lain ketahui, seperti yang dikutip langsung dari juru pelihara situs cagar budaya Batu Lingga yaitu Ma'mun, yang sudah tujuh tahun menjadi juru pelihara situs tersebut, diwawancarai langsung oleh tim youtube KKM KELOMPOK 63 UNTIRTA. bahwa Situs Batu lingga banyak menyimpan ilmu pengetahuan dan sejarah di mana sejarah itu mengungkap Situs Batu lingga dari tigas masa/versi.

Sejarah Situs Batu Lingga

Situs Batu lingga berasal pada jaman masa kerajaan pajajaran (siliwangi) yang di kisahkan oleh dongeng dan legenda warga setempat tentang adanya kisah pangeran buncireng, Pangeran ini yang bernama buncireng adalah putra dari selir raja yang di mana pada waktu itu beliau mengandung dan di usir dari kerajaan karena ditakutkan akan merebut alih tahta kerajaan dan di asingkan di daerah Baros yang sekarang disebut dengan nama kampung Dukuh Ratu.

Dan menurut sebagian dongeng legenda warga setempat bahwa Situs Batu lingga merupakan sebuah simbol atau ciri dimana terjadi pertempuran sabung ayam atau adu kesaktian antara Pangeran Maulana Hasanuddin atau disebut pangeran Saba Kingkin dengan Raja Pucuk Umun, dari pertempuran yang dilakukan di tengah-tengah perbatasan antara kekuasaan kerajaan banten dan kerajaan pucuk umun (Sunda Wiwitan).  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline