Lihat ke Halaman Asli

Farhan Darma Pramana

Mahasiswa S1 Sosiologi - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Airlangga

Transformasi Wisata Air di Surabaya: Ada yang Baru di Taman Prestasi?

Diperbarui: 28 Mei 2022   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

           

(Sumber Gambar: https://tiketwisata.surabaya.go.id/)

           Halo! Saya merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program studi S1 Sosiologi Universitas Airlangga yang mencoba untuk menuliskan artikel mengenai hasil observasi terkait tempat wisata Perahu Kalimas di Surabaya yang saat ini mengalami transformasi digital yang wajib dicoba untuk seluruh pembaca yang sedang berada di kota yang dikenal dengan lambang Sura dan Baya ini.

           Surabaya merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur dan menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Surabaya memiliki banyak sekali tempat wisata yang menjadi potensi kota yang cocok dikunjungi oleh seluruh warga Surabaya dan sekitarnya, mulai dari wisata alam seperti Pantai Kenjeran dan Hutan Mangrove. Adapun objek wisata dengan konsep tempo dulu seperti Tugu Pahlawan, Jembatan Merah, House of Sampoerna Museum, Hotel Oranje atau yang saat ini dikenal sebagai Hotel Majapahit, dan lain sebagainya. Selain itu, potensi lain adalah jumlah penduduk kota Surabaya yang menurut laman http://dispendukcapil.surabaya.go.id/  yaitu sebesar 3,095,026 jiwa pada tahun 2019.

            Surabaya juga memiliki wisata air yang sangat wajib untuk dicoba yaitu di Taman Prestasi yang terletak di Jalan Ketabang Kali Nomor 6, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng tersebut memiliki wisata perahu yang dikenal dengan sebutan "Wisata Perahu Kalimas", karena wisata tersebut melintasi sungai Kalimas, Surabaya. Wisata perahu tersebut memiliki dua rute perjalanan yaitu rute pertama dimulai dari Taman Prestasi – Taman Ekspresi – Taman Prestasi dan rute kedua dimulai dari Taman Prestasi – Monumen Kapal Selam – Taman Prestasi. Hanya dengan tarif Rp 4.000,00 wisatawan dapat menikmati indahnya Kota Surabaya dengan santai menggunakan perahu mesin tersebut. Pengunjung sangat beragam baik dari wisatawan lokal maupun internasional dan terdiri atas semua kalangan yaitu mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia juga turut hadir untuk menikmati wisata perahu Kalimas. Jumlah pengunjung terbanyak ketika weekend dan hari libur lainnya. Banyak wisatawan yang antusias untuk menikmatinya dikarenakan dapat terjamin kemanannya sebab telah disediakan pelampung yang wajib dipakai oleh wisatawan sebelum perahu diberangkatkan. Selain itu, terdapat batas penumpang yaitu sekitar 6-8 orang dalam setiap perahu yang dilengkapi dengan satu orang pengemudi. 

           Namun, terdapat perbedaan antara wisata perahu Kalimas antara yang dahulu dan saat ini. Perbedaan tersebut terletak pada metode pemesanan tiket, jika dahulu hanya dapat memesan secara langsung di loket, namun saat ini terdapat metode pemesanan yang lain yaitu secara online melalui gawai. Berikut merupakan langkah-langkah untuk metode pemesanan secara online:

  1. Menyiapkan KTP.
  2. Masuk melalui laman https://tiketwisata.surabaya.go.id/
  3. Kemudian memilih tempat wisata yaitu Wisata Perahu Kalimas dengan memilih pilihan rute sesuai dengan keinginan. Rute pertama yaitu dimulai dari Taman Prestasi – Taman Ekspresi – Taman Prestasi atau rute kedua yaitu dimulai dari Taman Prestasi – Monumen Kapal Selam – Taman Prestasi.
  4. Lalu, memilih hari dan tanggal yang diinginkan.
  5. Memilih jam yang diinginkan lalu klik “Pesan Tiket”.
  6. Mengisi kolom kewarganegaraan sesuai dengan daerah asal yaitu WNI atau WNA.
  7. Jika sudah, lalu mengisi NIK yang tertera KTP yang telah disiapkan.
  8. Mengisi nama lengkap sesuai dengan KTP.
  9. Mengisi No. HP yang aktif.
  10. Mengisi jumlah orang dalam rombongan.
  11. Kemudian scroll ke bawah dengan melakukan checklist bagian “Saya dan/atau rombongan telah membaca, memahami, setuju dan bertanggung jawab dengan segala risiko berdasarkan seluruh syarat & ketentuan yang telah ditetapkan di atas”
  12. Setelah semua selesai, tahap akhir yaitu klik pesan tiket dan tiket Anda telah selesai dipesan dan dapat mengunduh tiket lalu menunjukkan pada petugas di loket saat berkunjung dengan membawa uang Rp 4.000,00 sebagai biaya wisata.

        Nah, seperti itu langkah-langkah dalam memesan tiket online untuk wisata perahu Kalimas. Pemesanan juga dapat secara langsung melalui loket cukup dengan menyiapkan KTP, nomor HP, dan uang sebesar Rp 4.000,00 saja. Pemesanan secara online dilakukan agar pengunjung tidak lperlu berlama-lama melakukan antrean saat akan menikmati wisata perahu Kalimas tersebut. Selain itu, metode tersebut merupakan bentuk kemajuan digitalisasi yang diterapkan oleh pemerintah kota Surabaya selain agar pengunjung tidak lama-lama melakukan antrean saat akan menikmati wisata perahu Kalimas tersebut. Pemerintah juga berharap agar warga Surabaya dan sekitarnya dapat melek teknologi di era perkembangan zaman ini dan mayoritas tempat wisata di Surabaya sudah memiliki akses pemesanan tiket secara online pula.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline