Pada awal pelaksanaan kegiatan program KKN (Kuliah Kerja Nyata), langkah awal yang kami lakukan adalah menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) . Dengan melakukan observasi dibeberapa lokasi yang memiliki kemungkinan dapat kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan observasi ini dilakukan kurang lebih 4 (Empat) hari, dalam kurun waktu 4 (Empat) hari tersebut kami melakukan observasi dengan mengamati lingkungan sekitar guna menentukan lokasi dan pemasalahan yang mungkin terdapat lokasi tersebut. Berdasarkan hasil observasi tersebut kami Mendapati beberapa lokasi yang kemungkinan menjadi tujuan kami sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), yaitu di beberapa SDN (Sekolah Dasar Negeri) di Kelurahan, di daerah Kecamatan Sukoharjo, dan kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo.
Sebagai penunjang kegiatan dalam pelaksanaannya kami melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing terkait penentuan permasalahan di lingkungan yang dijadikan sebagai tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) tersebut. Dalam kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini kami berkerja sama dengan Ibu/Bapak guru dan Bapak Lurah dalam keberlangsungan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini. Diharapkan dengan adanya kejasama dengan Ibu/Bapak guru dan Bapak Lurah kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) berjalan dengan baik. Selain itu kami sebagai calon pendidik juga mendapatkan manfaat dan menambahkan wawasan serta pengalamann kami baik itu dari penyiapan materi hingga evaluasi dalam menunjang kegiatan.
pendidikan.
Oleh sebab itu jika para siswa Sekolah Dasar tersebut terlalu di bebaskan dalam pengunaan Smartphone kemungkinan berdampak buruk bagi mereka baik dampak kesehatan, dampak buruk dari media social dan lain sebagainya. Karena anak-anak atau remaj, apalagi siswa Sekolah Dasar cenderung memiliki rasa ingin tau yang tinggi sehingga mudah terpengaruh hal-hal buruk tanpa mereka tau dampat buruk dari pengaruh apalagi anak-anak sudah tau media social terutama anak sekolah. Karena hal tersebut apabila tidak adanya pengarahan dan pengawasan yang benar dapat memungkinkan para siswa tersebut terkena pengaruh buruk Smartphone.
Kami dari kelompok KKN mengadakan kegaiatn di Karangtaruna dengan melakukan kegiatan sosialiasi tentang membentuk karakter
Kepimpinan yang dilaksanakan di kelurahan Kriwen. Pada kegiatan ini kami melakukan penyusun materi kepimpinan, peralatan dan perlengkapan yang akan dibutuhkan saat dilaksanakan kegiatan sosisalisasi. Pada materi terdapat isi yang terdiri dari Pengertian Pemimpin, Contoh dan Sifat, Manfaat, Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Pemimpin, Kemampuan Seorang pemimpin,
Sifat Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan, Macam-macam gaya kepemimpinan, kepempimpinan Otokratis, Kepimpinan Demokrasi, Kepemimpinan Laissez-Faire (bebas), Kepemimpinan Transaksional dan Kepimpinan Situasional dan juga kami mengadakan kegiatan diskusi Bersama dengan melakukan pertukaranan pendapat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H