Lihat ke Halaman Asli

Farhan Ali

TeknologiHasil Perikanan (S1)

Mahasiswa Universitas Diponegoro Memberikan Edukasi dan Menyuarakan Konsumsi Minyak Ikan Setiap Hari

Diperbarui: 11 Agustus 2021   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor (27/7/2021) - Sejak awal tahun 2020 hingga di tahun 2021 masyarakat Indonesia khususnya di Kota Bogor masih dilanda oleh pandemi virus COVID-19 dan Bogor termasuk daerah zona merah (banyak warga Bogor yang terpapar virus COVID-19). 

Rata-rata masyarakat yang terkena atau terpapar virus COVID-19 adalah orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah. Usia yang biasanya rentan terpapar COVID-19 adalah usia 40 hingga lansia, hal tersebut disebabkan karena imunitas tubuh yang sudah menurun. 

Selain faktor usia, menjaga pola makan dan asupan vitamin juga sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menjaga pola makan, mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan mengkonsumsi vitamin yang dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu suplemen vitamin yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah minyak ikan. 

Minyak ikan merupakan suplemen yang berasal dari ikan yang memiliki berbagai macam kandungan seperti omega-3, omega-6 dan omega-9, selain itu minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, Farhan Ali sebagai mahasiswa TIM II UNDIP tahun 2020/2021 melaksanakan program kerja KKN dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi minyak ikan dan memberikan sampel minyak ikan kepada warga.

Program kerja KKN TIM II UNDIP Tahun 2021 mengenai yang dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 mengenai minyak ikan adalah dengan membagikan poster sebagai output dari program kerja KKN yang dilaksanakan 

Manfaat mengkonsumsi minyak ikan secara rutin adalah untuk membantu meningkatkan vitalitas tubuh , memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan paru, menguatkan jantung dan sangat baik untuk anak yang dalam masa pertumbuhan sebab minyak ikan dapat meningkatkan pertumbuhan kognitif pada anak. Cara mengkonsumsi minyak ikan untuk orang dewasa setiap hari yaitu sebanyak 2 x 2 butir (4 butir)/hari dan untuk anak dalam masa pertumbuhan 1-2 x 2 butir/ hari. 

Program kerja KKN TIM II UNDIP Tahun 2021 mengenai Pemberian Edukasi, Manfaat, Kandungan Minyak Ikan Yang Memiliki Manfaat Sangat Baik Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan dengan membagikan poster dan menempelkan poster di pemukiman warga Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara. Melalui penempelan poster di pemukiman warga diharapkan warga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

dokpri

dokpri

Maksud dan tujuan diadakannya program kerja KKN ini adalah Untuk memberikan edukasi tentang manfaat minyak ikan di masa pandemi COVID-19, kemudian  meningkatkan minat masyarakat untuk mau mengkonsumsi minyak ikan setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan vitamin warga Bantarjati dan untuk menambah wawasan masyarakat terkait dengan minyak ikan. 

Oleh : Farhan Ali




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline