Lihat ke Halaman Asli

farhan ali

Mahasiswa

Pesona Indah Pantai Kesirat

Diperbarui: 24 Juni 2022   16:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pemandangan dari atas tebing Pantai Kesirat 


Ketika kita mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta apa yang kita pikirkan selain Malioboro, gudeg dan Keraton Yogyakarta? Ya jangan lupa Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata, apalagi ketika kita sudah jenuh dan lelah akan banyaknya pekerjaan dan ingin healing untuk sedikit menenangkan hati dan  pikiran datang dan berkunjunglah ke pantai, karena itu merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata yang baik untuk di kunjungi ketika mengalami hal tersebut.

Pantai Tanjung Kesirat, itulah nama salah satu pantai yang berada di Jogja, yang berjarak kurang lebih hampir 2 jam dari kota Jogja, tepatnya di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebuah pantai yang berada lumayan jauh dari pusat kota ini memiliki pemandangan yang sangat indah, 1 pantai tapi memiliki lebih dari 1 spot pemandangan, menurut saya ini merupakan salah satu permata tersembunyi atau kalau bahasa sekarang ini merupakan “Hidden gem” pantai di Jogja.

Ketika sudah sampai, kita tidak langsung bisa melihat pantai tersebut, kita harus berjalan kaki terlebih dahulu dari tempat parkir menuju pantai tersebut, walaupun jarak dari tempat parkir ke pantai itu lumayan jauh dan dengan tantangan jalan yang cukup untuk membuat badan ini basah karena peluh keringat,  tetapi itu semua terbayarkan ketika kita sudah sampai dan melihat bagaimana indahnya pantai ini.

Di pantai ini kita bisa menyaksikan pemandangan dan birunya air laut dari tepi tebing dan juga bisa langsung turun ke bawah tebing, tentu saja untuk turunnya pun itu tidak mudah, karena kondisi bebatuan yang sangat banyak, tetapi ketika sudah sampai di bawah kita sudah pasti lupa bagaimana proses untuk turun tadi karena terpukau oleh keindahan pantai ini.

Pemandangan dari atas tebing Pantai Kesirat

Pada saat saya disana, saya menemukan bekas sisik ikan dan juga beberapa bekas peralatan pancing lainnya, ternyata setelah saya cari tahu dipantai ini juga terkadang dijadikan tempat mancing dan camping oleh para wisatawan, tempat ini juga merupakan salah satu tempat rock fishing terbaik bagi para pemancing, dan pantai ini juga merupakan pantai yang menarik bagi para pemancing, oleh karena itu banyak juga wisatawan yang datang secara khusus untuk mencoba memancing ikan dari atas tebing, ya sayang sekali memang ketika datang kepantai ini kita hanya duduk sebentar, karena pemandangan yang dilihat pun juga sama sekali tidak membosankan ketika berada di pantai ini.

Kondisi pantai yang pada saat itu tidak ramai akan wisatawan membuat saya sangat menikmati keindahan pantai tersebut, seorang wisatawan asal Jakarta yang saya temui yaitu Bani mengatakan kalau datang ke Jogja sayang sekali jika tidak mengunjungi pantai yang ada di Jogja, walaupun jarak nya lumayan jauh dari pusat kota, tapi itu semua akan terkalahkan dengan pesona indahnya pantai ini.

“ saya baru pertama sih datang ke pantai ini dan baru tau juga, biasanya ya cuma main ke pantai yang lain aja, ternyata masih banyak banget pantai yang belum dikumjungi ya kalau datang ke Jogja “ ujar eka yang juga wisatawan asal luar Jogja.

Dipantai ini kita juga bisa melakukan piknik bersama keluarga, teman, dan juga pasangan, akan tetapi alangkah baiknya untuk menyiapkan bekal dan juga persiapan sendiri untuk piknik tersebut. Jika ingin membeli makanan atau minuman mungkin lebih baik membeli ketika sampai ditempat pakir atau juga membawa bekal sendiri karena jika kita di pantai ini tidak ada pedagang yang berjualan, para pedagang itu berjualan di sekitar areal parkir kendaraan dan jarak dari areal parkir menuju pantai itu lumayan jauh.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati sunrise di pagi hari, mungkin itu salah satu ide yang bagus dan menarik, tetapi kita  harus berangkat lebih pagi lagi supaya bisa mendapatkan sunrise di pantai ini, karena jarak yang tidak dekat terutama ketika berada di pusat kota, kalaupun tidak bisa berangkat pagi untuk menikmati sunrise, mungkin juga bisa untuk datang disore hari untuk melihat dan juga menikmati sunset di pantai ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline