Lihat ke Halaman Asli

farhan aldri

Mahasiswa

Analisis Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Penjualan

Diperbarui: 30 April 2024   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kemampuan untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi manajemen yang efektif merupakan kunci utama dalam meningkatkan penjualan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan memahami secara mendalam bagaimana strategi manajemen dapat berperan dalam menggerakkan penjualan, kita dapat menggali peluang- peluang baru, mengatasi tantangan, dan mencapai tujuan yang ambisius .Manajemen strategi menjadi sangat krusial dalam faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan perkembangan bisnis. Mari kita telusuri lebih jauh bagaimana analisis manajemen strategi menjadi landasan kokoh dalam upaya meningkatkan kinerja penjualan sebuah perusahaan.

Strategi

Menurut (David&David 2017) Mengatakan bahwa manajemen strategi adalah seni dan ilmu memformulasi, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan organisasi mencapai tujuan. Strategi merupakan rencana terencana yang disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam situasi yang kompleks. Dalam strategi melibatkan pemilihan langkah-langkah yang diperlukan dalam menunjang tujuan tertentu dimana diperlukan sumberdaya. Strategi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan lingkungan, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada sehingga dapat beradaptasi untuk melakukan suatu perencanaan jangka panjang terhadap kondisi yang dinamis

Pemasaran

Pemasaran adalah proses dan manajemen dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. menurut Rangkuti (2016:101) Pemasaran adalah proses tertentu dari suatu proyek yang terhambat oleh berbagai faktor dan terdiri dari aspek politik, ekonomi, manajerial, sosial, dan budaya. Peran pemasaran tidak hanya menyampaikan produk tetapi memberikan pelayanan yang baik dengan tujuan memuaskan pelanggan sehingga dapat menghasilkan laba.

Pemasaran memiliki unsur yang disebut bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion. Menurut Kotler dan Keller (2012:56), Bauran pemasaran atau marketing mix adalah penyaluran dan komunikasi nilai-nilai pelanggan (customer value) kepada pasar.

Menurut Zeithaml dan Bitner (2004:48) Bauran pemasaran adalah elemen organisasi yang dapat dikendalikan perusahaan atas komunikasi dengan tamu dan kepuasan tamu. Dari pengertian diatas bauran pemasaran (Marketing Mix) dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan suatu strategi pemasaran yang digunakan melalui kegiatan kombinasi yang baik dengan tujuan memuaskan pelanggan untuk mendapatkan laba suatu perusaahan selain itu juga perusahaan mampu mengendalikanya sehinga dapat mempengaruhi pasar sasaran.

Elemen penting dari pemasaran terbagi menjadi 3 unsur yaitu :

  • Segmentasi pasar: Segmentasi pasar adalah tindakan untuk mengenali dan menciptakan suatu kelompok pembeli atau konsumen secara berkelompok
  • Targeting: Targeting adalah tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki
  • Positioning: Positioning adalah cara untuk menentukan posisis di pasar. Tujuan dari positioning ini adalah untuk membangun keunggulan produk dan menyampaikannya ke bena konsumen

Strategi Pemasaran

Menurut Kotler dalam Subing (2014). Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. (John 1997:20) Pengertian Manajemen Strategi adalah suatu keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan dan pelaksanaan rencana- rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran Perusahaan. Menurut Hunger J David & Thomas L Wheelen dalam bukunya berjudul Manajemen Strategis hasil alih bahasa oleh Julianto Agung (2003.4) dari judul aslinya: Strategic Management adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Untuk mencapai hasil yang optimal, strategi pemasaran memiliki jangkauan yang luas dalam bidang pemasaran, antara lain strategi produk, strategi pelayanan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan, dan lain-lain. Faktor penting dalam bauran pemasaran :

  • Product (Produk) adalah barang yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu. Produk sangat mempengaruhi strategi pemasaran maka dari itu seorang pemasar harus menciptakan produk yang tepat dan menentukan langkah strategis untuk memperluas produknya.
  • Price (Harga) pengorbanan ekonomi pelanggan untuk menerima produk atau layanan. Harga memiliki peranan penting dalam rencana pemasaran karena harga menentukan keuntungan suatu Perusahaan
  • Promotion merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk produsen kepada konsumen dengan tujuan konsumen membeli produk tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan cara periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat,publisitas,event, dan sponsorship
  • Place (Saluran Distribusi) adalah pengiriman yang dilakukan oleh suatu lembaga untuk melakukan kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan produk dari penjual kepada pembeli
  • People (Orang) merupakan orang yang berhubungan dengan bisnis. Partisipan ini terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam proses pelayanan dalam suatu bisnis itu sendiri.
  • Proses adalah suatu system organisasi yang mempengaruhi suatu layanan sehingga perusahaan harus memastikan bahwa perusahaan memiliki proses agar meminimalisir biaya.
  • Physical Evidence (Bukti Fisik) sarana penunjang dalam pemasaran jasa yang memiliki pernanan cukup penting karena pelanggan tidak jarang memerlukan sarana pendukung dalam suatu penyampaian

Proses Manajemen Strategi

Menurut Certo (2010) Manajemen strategi sebagai analisis keputusan dan keunggulan aksi yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Proses Manajemen Strategi adalah serangkain langkah yang terstruktur dan terencana dalam merumuskan, mengimplementasikan dan mengawasi strategi pada suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan berjangka panjang. Proses ini melibatkan banyak analisis internal maupun eksternal selain itu juga berupa visi, misi, dan tujuan suatu perusahaan, pengembangan strategi, implementasi strategi, pengukuran kinerja perusahaan, evaluasi dan penyesuaian kondisi yang dinamis terhadap suatu perubahan.

Langkah-langkah dalam proses manajemen strategi harus memiliki pemahaman mendalam tentang perusahaan harus mengindetifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. Setelah strategi diformulasikan langkah selanjutnya yaitu mengimplementasikan dan mengawasi jika terjadi kesalahan yang kemudian akan di evaluasi sebagai tahap lebih lanjut dari pengawasan mengenai langkah- langkah suatu strategi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline