Lihat ke Halaman Asli

Farhan Qudratulloh Ginanjar

Mahasiswa Fakultas Hukum

Khoul Simbah Kyai Kwadung, Ekspresi Religi dan Budaya Desa

Diperbarui: 14 Desember 2022   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kwadungan Gunung, Kab. Temanggung- Pada tangal 2-7 November 202, Desa Kwadungan Gunug menyelengarakan gelaran akbar dalam rangka memperingati Khoul Mbah Kyai Kwadung. Gelaran tersebut dilaksanakan di Dusun Kwadungan Gunung dengan menampilkan beragam pagelaran seni budaya dan religi masyarakat Desa. Dalam kesempatan tersebut, tim KKN Unnes Giat 3 Kwadungan Gunung dan Instiper Yogyakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi bagian dalam menyukseskan acara tersebut. Para mahasiswa, ditempatkan menjadi panitia inti yang bersinergi bersam warga untuk menjalankan dan menyukseskan acara masyarakt Desa.

Khoul si Mbah Kyai Wadung, merupakan kegiatan akbar yang diselenggarakan setiap tahun merupakan pertujukan ekspresi Budaya dan Religi masyarakat Desa Kwadungan Gunung. Bagaimana tidak, dalam kegiatan tersebut diisi berbagai kegiatan seperti Pengajian Akbar, Pagelaran Wayang Kulit, Rebana, jnnkarnaval TPQ, santunan anak yatim dan Kwadungan Gunung Bersholawat.

Kegiatan diawali pada tanggal 2 November Malam, dengan diadakannya pagelaran kuda lumping. Dalam pagelaran ini, diisi dengan 4 sesi penampilan kuda lumping dari lintas generasi.

Selanjutnya, pada tanggal 3 November, dilanjutkan dengan acara gebyar rebana Ansor dan Fatayat NU dari setiap desa di Kecamatan Kledung. Kemudian ditutup dengan kegiatan doa bersama.

Pada tanggal 4-5 November, terdapat dua acara yaitu Pengajian Akbar bersama Gus Ulin Nuha dan malamnya digelar Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Jumbuh Siswanto dan diiringi oleh sindeh Tatin Lestari. Masyarakat antusias untuk mengiuti kegiatan wayang kulit ini bahkan dihadiri oleh Wakil Bupati Temanggung.

Kemudian pada tanggal 6 November bertepatan dengan hari minggu, diadakan karnaval budaya dari setiap TPQ di Kecamatan Kledung dan aksi drumband yang memukau dari setiap perwakilan perserta. Selain itu, dalam acara ini, diadakan pula santunan untuk anak yatim dan pengajian akbar yang diisi oleh KH. Furqon Mashuri dan KH. Imam Sonhaji. Pada malamnya, kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan pagelaran seni Lesbumi Ansor PAC Kledung.

Pada tanggal 7 hari terakhirdari rangkaian kegiatan Haul Simbah Kyai Kwadung, ditutup dengan Kwadungan Gunung Bersholawat. Kegiatan ini diisi oleh Habib Rifqi Al-Aidid darisolo dan Habib Ahmad Assegaf dari Parakan.

Rangkaian acara Khoul Simbah Kyai Kwadung tidak hanya memperingati Simbah Kyai yang merupakan pendiri dari Desa Kwadungan Gunung. Tetapi, merupakan bentuk ekspresi Religi, Seni, dan Budaya masyarakat Desa Kwadungan Gunung. Dalam kesempatan ini pula, Tim KKN Mahasiswa berkesempatan untuk terlibat langsung dan mempelajari beragam budaya yang disajikan dalam rangkaian acara Khoul. Kegiatan ini pula memberikan harapan yang besar terhadap seni dan budaya nusantara di era globalisasi.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline