Lihat ke Halaman Asli

Farhan Ulil Fajri

Telkom University

Pelatihan Sistem Monitoring Tanaman Berbasis Internet of Things Untuk Siswa SMK Telkom Bandung

Diperbarui: 2 Juni 2024   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi

Bandung, 21 Mei 2024 - Fakultas Teknik Elektro, Telkom University mengadakan pelatihan sistem monitoring tanaman berbasis Internet of Things yang diselenggarakan pada Selasa, 21 Mei 2024, di SMK Telkom Bandung. Berkembangnya teknologi tidak dapat dihindari, bahkan ditolak; pada akhirnya, kita dihadapkan pada keharusan beradaptasi dengan semua teknologi yang sudah ada dan yang akan muncul nantinya. Sebagai negara berkembang, teknologi Smart Garden merupakan inovasi yang tidak hanya berfungsi, tetapi juga memberikan manfaat yang besar bagi para pemilik tanaman. Selain itu, teknologi ini juga memberikan solusi efektif dalam berkomunikasi dengan tanaman. Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki. Untuk itu, tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Teknik Elektro, Telkom University menawarkan pelatihan sistem monitoring tanaman berbasis Internet of Things. Anggota tim ini adalah Anggunmeka Luhur Prasasti S.T., M.T., Suryo Adhi Wibowo S.T., M.T., Ph.D., dan Ledya Novamizanti S.Si., M.T., serta mahasiswa, yaitu Ramah Rinaldi Ruslan, Farhan Ulil Fajri, Aidi Mertu, dan Rafi Mahfuz. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kesempatan kepada pelajar SMK untuk belajar membuat sistem monitoring tanaman berbasis Internet of Things.

Dokumentasi

Acara ini diselenggarakan di Lab Multimedia SMK Telkom Bandung, dimulai dengan doa dan sambutan dari Ibu Anggunmeka Luhur Prasasti S.T., M.T., dan Ibu Ledya Novamizanti, S.Si., M.T. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemaparan materi dasar yang dibimbing oleh mahasiswa mengenai sistem monitoring tanaman berbasis Internet of Things.

Dokumentasi

Meskipun masih ada beberapa siswa yang awam dan mengalami kesulitan, mereka terlihat bersemangat dan mampu mengikuti materi dengan baik. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi pemicu minat anak-anak untuk mempelajari Internet of Things dan menjadi pengembang yang berpotensi di masa depan. Selain itu, Telkom University sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat berperan aktif dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi masyarakat sekitar.

Dokumentasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline