Lihat ke Halaman Asli

Farel Faraday

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember

KKN Kolaboratif Kel-180 Melakukan Verifikasi dan Validasi DTKS di Dusun Sumber Malang dan Ajung Tengah

Diperbarui: 25 Agustus 2022   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Kolaboratif Kel-180.

Angka kemiskinan Desa Ajung menempati urutan ke-5 di Kecamatan Kalisat.  Angka kemiskinan yang tinggi dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara data yang ada dengan keadaan real di lapangan. 

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan 13 universitas se-jember ingin memberantas kemiskinan yang ada di Jember dengan melakukan verifikasi dan validasi kembali data yg sudah ada menggunakan aplikasi DTKS. 

Mahasiswa KKN kolaboratif kelompok 180 yang beranggotakan 10 orang dan terdiri dari 2 universitas (Universitas Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember) dengan arahan dan dampingan dari kepala dusun , kepala RW serta kepaka RT Dusun Sumber Malang dan Ajung Tengah melakukan verifikasi dan validasi DTKS yang terdapat di 2 dusun tersebut.

Verifkasi Dan Validasi DTKS.

Dusun Sumber Malang terdapat 2 RW yaitu RW 12 dan rw 13 di setiap RW terdiri dari 5 RT dimana untuk 5 RT yang terdapat di RW 12 sudah dilakukan pendataan terhadap 94 KK dari 134 KK yang terdaftar di DTKS. 40 data yang tidak terdata oleh kami dikarenakan ada beberapa yg sedang bekerja dan juga ada yg sudah meninggal. 

Kemudian untuk 5 RT di RW 13 ada 123 KK yang sudah terdata dari total 166 kk yang terdaftar di DTKS. 43 KK yg tidak terdata oleh kami di karenakan ada beberapa yang sudah meninggal, pindah dan sedang bekerja.

Verifikasi Dan Validasi DTKS.

Dusun Ajung Tengah terdapat 2 RW yaitu RW 10 dan RW 11 di setiap RW terdiri dari 5 RT dimana untuk 5 RT yang terdapat di RW 10 sudah dilakukan pendataan terhadap 77 KK dari 100 KK yang terdaftar di DTKS. 23 data yang tidak terdata oleh kami dikarenakan ada beberapa yang sedang bekerja dan juga ada yang sudah meninggal. Dengan adanya verifikasi dan validasi data tersebut diharapkan bantuan yang diberikan pemerintah tepat sasaran sehingga angka kemiskinan yang terdapat di Desa Ajung akan berkurang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline