Lihat ke Halaman Asli

Farel Faraday

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember

KKN Kolaboratif Berpartisipasi dalam Kegiatan BIAN dengan Pemberian Suplementasi Vitamin A di Desa Ajung, Kecamatan Kalisat, Jember

Diperbarui: 14 Agustus 2022   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Kolaboratif Kel-180/dokpri

KKN Kolaboratif Kelompok 180 Desa Ajung, Kecamatan Kalisat.

Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Vaksin yang diberikan pada saat BIAN adalah Vaksin Campak-Rubela, Vaksin Polio (OPV dan IPV), dan Vaksin Pentavalent (DPT-HB-Hib). Semua vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi WHO dan izin edar dari Badan POM dan efektif untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Imunisasi/dokpri

Desa Ajung memiliki 11 posyandu yang terbagi pada setiap Dusun yaitu Posyandu Dahlia 1-11. Kegiatan BIAN yang dilaksanakan di Kantor Desa Ajung pada tanggal 4 Agustus 2022 diikuti oleh balita Posyandu Dahlia 4 bersama bidan desa dan kader posyandu untuk imunisasi Campak-Rubela.

Kegiatan BIAN yang dilaksanakan pada bulan Agustus bertepatan dengan bulan vitamin A, sehingga mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 180 turut berpartisipasi dengan memberikan suplementasi vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Selain memberikan suplementasi vitamin A, mahasiswa KKN juga turut serta dalam pos administrasi, pengukuran tinngi badan dan berat badan pada kegiatan BIAN.

Imunisasi/dokpri

Dalam kegiatan tersebut terdapat kurang lebih 50 balita yang mendapatkan suplementasi vitamin A. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan vitamin A pada balita di Desa Ajung, Kecamatan Kalisat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline