Lihat ke Halaman Asli

Asal Usul Nenek Moyang Indonesia

Diperbarui: 4 Juli 2021   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asal Usul Nenek Moyang Indonesia (unsplash/nick-agus-arya)

Banyak pendapat para sejarawan terkait dari mana asal usul nenek moyang Indonesia. Para sejarawan saling mengeluarkan argumen dan bukti dari argumen nya tersebut. Akan tetapi ada satu pendapat yang memiliki bukti yang paling kuat,yaitu seorang sejarawan yang berasal dari Belanda yang memiliki nama Van Heine Geldern. Dimulai dari Golongan Proto Melayu. 

Golongan Proto Melayu tiba di Indonesia pada tahun 1500-500 SM. Mereka memiliki ciri-ciri berkulit kuning kecoklatan dan rambut yang lurus. Mereka singgah di Indonesia bagian timur, tepatnya di Papua, Nias danMentawai. Mereka datang ke Indonesia dari daerah asal mereka yaitu China bagian Selatan.

Baca juga :Kue Putu, Makanan Nenek Moyang yang Kian Terlupakan

Golongan Deutro Melayu tiba di Indonesia pada tahun 500 SM. Mereka datang ke Indonesia dari daerah asal mereka yaitu Indocina ( Kamboja,Laos, Vietnam). Mereka mampu menciptakan alat-alat yang bermateril besi dan logam. Pendapat para sejarawan berbeda beda. Asal Usul Nenek Moyang Indonesia menurut para sejarawan.

1. Menurut Drs. Moh. Ali bahwa nenek moyang Indonesia datang dari Kawasan Yunan, China bagian Selatan. Mereka datang ke Indonesia dengan cara bertahap. Tahap pertama pada tahun 3500-1500 SM dengan perahu beradik satu. Tahap kedua terjadi pada tahun 1500-500 SM dengan perahu beradik dua

Baca juga : Asal-usul Suku Jawa, Siapakah Nenek Moyang Mereka?

2. Menurut Prof. Dr. Krom bahwa nenek moyang Indonesia adalah orang asli China bagian tengah. Mengapa demikian?. Karena di Cina bagian tengah banyak sekali sungai yang besar. Sebagian dari mereka datang ke Indonesia pada zaman batu.

3. Menurut Prof. Moh. Yamin bahwa nenek moyang Indonesia berasal dari daerah Indonesia itu sendiri. Bahkan ia meyakini bahwa sebagian dari bangsa dan suku di luar negeri yang bermerk moyang sama dengan Indonesia.

4. Menurut Prof. Dr. H. Kern  bahwa nenek moyang Indonesia berasal dari daratan Asia. Ilmuwan dari Belanda ini memiliki penelitian dengan hasil yang menunjukkan bahwa bahasa yang dipakai oleh suku suku di Indonesia,Melanesia, Polinesia, dan mikronesia  mempunyai banyak kemiripan dan dasar yang sama yaitu bahasa Austronesia.

Baca juga : "Minangkabau" Berasal dari Nenek Moyang yang Cerdik

Jauh sebelum kedatangan bangsa Austronesia. Sudah ada beberapa kelompok manusia yang lebih dahulu tinggal dan singgah di Indonesia. Di antaranya, ada Manusia Pleistosin,suku wedoid, dan suku Negroid. Ketiga suku ini merupakan bagian dari Aspek asal usul nenek moyang Indonesia yang tidak bisa disisihkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline