Lihat ke Halaman Asli

MAHASISWA HIJRAH

Mimbar Hijrah

MDS Rijalul Ansor Cianjur Adakan Pembacaan Rotib dan Maulid Al-Barjanji

Diperbarui: 13 Januari 2019   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Cianjur-Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Bersama Majlis Taklim Nurunnajah Selenggarakan Pembacaan Rotib dan Maulid Al-Barjanji Setiap malam Jumat, Kegiatan ini dilakukan dengan istikomah sampai saat ini. Ust.Sandi Romadona S.Pd.I,. M.Pd. Selaku Sekretaris Umum MDS.RIJALUL ANSOR KABUPATEN CIANJUR mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan terus istiqomah dilaksanakan setiap satu minggu sekali setiap malamm jumat.

Beliau berpesan kepada generasi pemuda cianjur khususnya umumnya dikampung-kampung agar ikut serta menjaga tradisi para pemuka agama dikampung halamannya di cianjur, dengan adanya kegiatan keagamaan seperti ini yang dilakukan secara istikomah insyaallah akan menakar sedikit-demi sedikit isme-isme radikal dikalangan masyarakat khususnya paham idiologi transnasional yang mulai berkembang dikalangan para remaja di kabupaten cianjur.

Pengawalan idiologi kebangsaan serta kultul ke-nahdliyinan harus kita kembangkan dewasa ini, apalagi menuntun generasi muda agar tak terjerumus dalam paham yang radikal harus kita emban bersama tugasnya, Wadah seperti MDS.Rijalul Ansor ini lah yang menurut kita cocok untuk mengarahkan para pemuda khususnya kalangan remaja, usia SMP-SMA-KULIAH, untuk diarahkan dalam amaliyah-amaliyah ahlussunnah waljamaah dimanapun itu, karena wajib hukumnya kepada siapapun para remaja atau usia yang sedang produktif menimba ilmu untuk mencari mursyid dan thariqoh agar kelak mampu memperhalus akhlaq, dan mentransformasikan keilmuan, khususnya menjaga tradisi lama yang baik dan mengembangkam tradisi baru kepada yang lebih baik. 

(Twitter.com/MDSKotaTarakan)

MDS. Rijalul Ansor merupakan banom GP ANSOR yang juga merupakan cicitnya Nahdlatul Ulama yang baru dikembangkan belakangan ini secara nasional.

Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor merupakan lembaga semi otonom di setiap tingkatan yang diangkat, disahkan dan diberhentikan oleh pimpinan Gerakan Pemuda Ansor di masing-masing tingkat kepengurusan.

"Tugas lembaga ini antara lain untuk menghidupkan kembali tradisi-tradisi ke-NU-an, misalnya shalawatan, tahlilan, istighotsah, peringatan hari besar Islam," kata Sekretaris Rijalul Ansor Kabupaten Cianjur Sandi Romadona M.Pd  di sela Diklatsar Banser GP Ansor Cianjur, Jawa Barat, akhir tahun 2018 (12/18).

Dalam peraturan organisasi GP Ansor, Rijalul Ansor dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai dan tradisi dan misi internalisasi nilai Aswaja dan sifat-sifat Rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

Majelis ini dibentuk mulai dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan ranting di seluruh Indonesia.

dok. pribadi

Sandi berharap Rijalul Ansor juga berdiri di Kecamatan dan memperdayakan para pemuda setempat untuk turut bergabung. "Nanti kalau sudah membentuk pengurus RA (Rijalul Ansor) kalau bisa cari (kader) yang lain yang masih belum masuk di pengurus PAC GP Ansor, bahkan sampai ke ranting." katanya.

Semoga kelak semua banom NU masiv dan progresif melakukan gerakan dan menumbuh kembangkan banom-banom NU yang ada dikabupaten Cianjur, Harapannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline