Lihat ke Halaman Asli

Farah Nurin

Mahasiswa

Inovasi Bidang Pendidikan, Mahasiswa KKN UM 2021 Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang

Diperbarui: 22 Juli 2021   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pronojiwo, 11 Juni 2021 merupakan hari pembukaan KKN UM 2021. Tepatnya di desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang. Berbagai program kerja telah disusun sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat desa Sidomulyo.

Sesuai dengan program kerja, mahasiswa KKN UM desa Sidomulyo menggali informasi terkait kebutuhan media pembelajaran yang ada di SDN 2 Sidomulyo. "Papan Peredaran Darah Manusia", ujar PJ Proker Bastian Dwi Bagas Vilano. Sesuai dengan nama, berarti media ini khusus untuk mata pelajaran IPA yang akan membantu dalam kesuksesan proses belajar mengajar.

Pendidikan adalah sektor yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan di era globalisasi saat ini. Salah satu kesuksesan pendidikan adalah tercapaiannya tujuan pembelajaran. Ada beberapa strategi yang dilakukan oleh para pendidik agar peserta didik mampu untuk memahami dan mengerti pengetahuan yang disampaikan

Seperti halnya mahasiswa yang melakukan pengabdian di masyarakat yaitu mahasiswa UM yang melakukan pengabdian di desa Sidomulyo menyusun beberapa program kerja yang sesuai dengan kondisi dan situasi di desa tempat mereka melakukan pengabdian. Salah satu program kerja yang disusun adalah pada bidang pendidikan, yaitu pembuatan media pembelajaran Papan Peredaran Darah Manusia.

Tujuan dari mahasiswa melakukan pengabdian di bidang pendidikan yaitu mewujudkan kecerdasan bangsa khususnya masyarakat desa Sidomulyo. Papan peredaran darah manusia tersebut khusus untuk anak kelas V SD dengan materi peredaran darah manusia. Media pembelajaran ini terbuat dari triplek, benner, dan lampu LED. Lampu LED menjadi petunjukkan arah aliran darah besar dan kecil, sehingga warna lampu dibedakan agar peserta didik mudah mengingat dan memahami materi.

Program kerja yang telah dilakukan ini diharapkan mampu untuk membantu dan memberikan solusi akan permasalahan yang dihadapi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga langkah kecil ini bisa menjadi inspirasi untuk sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline