Lihat ke Halaman Asli

Farah Nurin

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UM Lakukan Pemasangan Poster Mitigasi Bencana

Diperbarui: 22 Juli 2021   03:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terjadi gempa bumi, salah satu daerah yang baru -- baru ini mengalami guncangan yaitu derah kabupaten Malang dengan kekuatan 6,7 SR yang terjadi pada 10 April 2021. Kejaidan ini membuat beberapa orang syok/panik dan selalu trauma apabila ada guncangan, kepanikan ini diakibatkan kurangnya kesiapan atau pengetahuan masyarakat mengenai langkah -- langkah apa yang harus dilakukan saat terjadinya gempa bumi.

Dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi. Salah satu kelompok KKN yang ditugaskan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Prononjiwo, Kabupaten Lumajang melakukan pemasangan poster mitigasi bencana alam di setiap balai dusun dan juga di Balai Desa. Desa Sidomulyo merupakan salah satu daerah yang terdampak gempa bumi 6,7 SR yang berpusat di Kabupaten Malang, serta daerah ini juga rawan bencana alam dikarenakan terdapat gunung api aktif yaitu Semeru. Sehingga program kerja pemasangan poster yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini diharapkan dapat membantu masyarakat kedepannya.

Pemasangan poster ini dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 3 Juli 2021, yang dipasang di balai dusun dan balai desa Sidomulyo. Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh pihak Desa Sidomulyo hal ini disampaikan oleh sekretaris desa Sidomulyo selaku coordinator desa "Kegiatan ini sangat baik, dikarenakan masyarakat desa Sidomulyo masih belum memahami langkah -- langkah yang harus di lakukan saat terjadinya gempa" beliau juga mengatakan program kerja ini juga mendorong desa untuk melakukan sosialisasi mitigasi bencana alam yang akan dianggarkan tahun depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline