Lihat ke Halaman Asli

Farah Khalisha

Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Jember

Globalisasi Euro dan Persatuan Ekonomi Uni Eropa

Diperbarui: 30 Maret 2024   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam menerapkan kerangka persatuan ekonomi dan moneter, diperlukan adanya sinergi dan koordinasi dalam kebijakan ekonomi dan fiskal di antara negara-negara anggota, yang mana koordinasi ini akan berjalan seiring dengan penerapan kebijakan ekonomi dan fiskal tersebut. 

Pada kasus ini, dibutuhkan adanya sinergi yang kuat antara negara-negara di eropa dalam menerapkan kebijakan moneter tunggal bagi negara-negara yang telah menggunakan auero sebagai mata uang sehari-hari di negara mereka. Kebijakan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan stabilitas ekonomi dan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di seluruh negara-negara anggota yang terlibat. Dalam pelaksanaannya, tentu saja dipertanyakan bagaimana perstuan ekonomi dan moneter ini bekerja dan bagaimana pengaplikasiannya hingga tercapainya globalisasi euro di negara-negara anggota Uni Eropa. 

Bagaimana Sistem Persatuan Ekonomi dan Moneter Bekerja?

 The economic and monetary union (EMU) atau persatuan ekonomi dan moneter merupakan salah satu pijakan fundamental ekonomi di Uni Eropa. EMU hadir untuk mendukung stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja yang luas serta memastikan adanya keberlanjutan keunagan publik di negara-negara anggota Uni Eropa 

(draft)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline