LAPORAN NARASI HASIL OBSERVASI PEMBERIAN LAYANAN BK
KELOMPOK 1 ( AR-RAHMAN ) :
- Farinda Trihardayanti Fatikha ( 2001015130 )
- Laela Wahyu ( 2001015078 )
- Muhammad Rizki ( 2001015112 )
Wawancara yang dilakukan di Tkq-Taam Al-Ittihad bertujuan untuk mengetahui kelebihan, kelemahan serta perkembangan pembelajaran anak-anak. Dalam wawancara ini kami mendapatkan informasi bahwa jumlah tenaga pengajar ada dua orang dan peserta didik sebanyak 17 orang dikelas B.
Respon yang diberikan ketika anak mengalami kesulitan belajar yaitu dengan memberikan kebebasan kepada anak-anaknya, memberikan materi yang menarik, mengajak anak-anak secara nyata dengan adanya objek.kegiatan berkarya untuk mengembangkan kreativitas anak yaitu membuat suatu benda dengan barang bekas, sampah dan lainnya.
Hambatan yang sering terjadi ketika dalam pembelajaran yaitu Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda ada yang nurut, pecicilan. Memang mengaturnya butuh waktu kita tetap memberikan sebuah pemahaman, mengarahkan dan membiasakan anak untuk berbuat baik.
Setelah selesai wawancara kami diberikan arahan untuk hari berikutnya melakukan observasi dengan kepala Yayasan dan guru pengajar dengan menjelaskan teknik dan model pelayanan pembelajaran yang akan diajarkan atau sampaikan agar bisa lebih mempersiapkan diri dan lebih memahami tekniknya.
Selain wawancara kami juga melakukan observasi untuk mendapat gambaran nyata tentang cara mengajar anak, mendapatkan wawasan yang luas cara mengajar dan menangani anak usia 5-8 Tahun, melihat kinerja guru baik dari cara mendekati , cara berbusana,
dan bersikap terhadap anak yang diajar serta mengetahui proses pengajaran dan cara berkomunikasi dengan anak. Melakukan observasi dan memberikan pelayanan Bimbingan Konseling di Tkq-Taam Al-Ittihad bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan dan kesejahteraan anak usia 5-- 8 tahun,
mengembangkan dalam hal kehidupan beragama, kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, motorik, kreatifitas, mengendalikan emosi, bergaul, dan peka terhadap kehidupan. Dari observasi ini, kita dapat mengetahui bahwa guru yang mengajar sangat bagus dan menggunakan model belajar yang menarik, fasilitas dan sarana prasarana sudah lengkap dan sangat baik, proses pembelajaran teratur dan disiplin.
Hal ini, kami memberikan layanan informasi dan pembelajaran kepada anak-anak di Tkq-Taam Al-Ittihad. Dengan memberikan layanan Informasi dalam membantu anak agar bisa menerima maupun memahami semua informasi, termasuk informasi diri, sosial, belajar, berkarir, bergaul yang berfungsi sebagai pencegahan dan pemahaman.