Lihat ke Halaman Asli

Faradila EmaNur

UIN MALANG

Memahami Karakteristik Seorang Konselor

Diperbarui: 23 Mei 2022   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjadi seorang konselor memang bukanlah perkara yang mudah, disamping ia harus memhami terkait apa yang menjadi permaslaahan dari seornag klien tentunya ia harus juga menjadi role model bagi dirinya dan orang lain. 

Tugas yang diemban pun sangatlah berat dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, sehingga harus berpijak pada landasan dan prinisp yang sudah ditentukan. Disamping itu juga pemikiran yang dihasilkan akan melewati penelitian yang mendalam. 

Secara sederhana dapat kita fahami bahwa konselor merupakan seorang tenaga professional yang mempunyai sertifikasi dan lisensi untuk menyelenggarakan layanan professional bagi masyarakat. Atau juga bisa dikatakan bahwa konselor merupakan seseofang yang berhadapan secara langsung dengan seorang konseli untuk memberikan pengarahan dan bimbingan trekait problem yang sedang klien hadapi.

Didalam proses pelaksanaan layanan dan bimbingan kosenling disamping seorang konselor dituntut untuk melaksanakan terkait tugasnya secara professional, ia juga dituntut untuk memiliki sisi kualitas pribadi, sosial, pengetahuan dan keterampilan yang baik. 

Diantara sisi dari kualitas kepribadian biasanya meliputi keimanan, selalu berpandangan positif dan dinamis, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia berserta haknya, memiliki nilai dan norma yang baik, memmiliki integritas dan stabilitas kepribadian dan kematangan emosional, cerdas, kreatif, dan mandiri. 

Didalam karakteristiknya pada aspek pengetahuan setidaknya seorang konselor harus memiliki pengethuan dan pemahaman yang luas terkait dinamika perlaku dan perkembangn bagi individu, serta seorang konselor harus  memiliki pengathuan dan pemahana yang luas terkait model konseling yang bisa untuk diterapkan dan sesuai dnegan problem yang sedang dihadapi oleh seorang konseli.

Selain itu didalam karakeristik keterampilan, tentu seorang konselor harus memilliki skill yang memadai dalam memberikan pelayanan seperti halnya : mampu untuk menciptakan dan membina hubungan yang baik kepada konseli serta dapat menerpakan wawancara konseling yang tepat dan sesuai dengan karakteristik dari seorang konseli.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline